sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 26 May 2017

macam batu aquascape





1. Lava rock
Sesuai namanya, lava rock terbuat dari lava gunung berapi. Lava rock dapat ditemukan di lereng gunung. Lava rock memiliki tekstur berpori dan berwarna hitam/merah. Batu ini terbilang ringan untuk sebuah batu. Menurut saya ini batu paling murah di pasaran. Saya pernah membeli seharga 7rb/kg, ada juga yang menjual 15rb/kg. lava rock biasa digunakan untuk membuat tebing pada tema waterfall, atau untuk membuat bebatuan di bawah pohon pada tema forest.



2. Garang stone / eragon
Garang stone ini batu yang paling berani (namanya aja garang :-D). berwarna coklat cerah kekuningan. Batu ini memiliki permukaan yang berongga. Cocok untuk membuat tebing. Bagus juga ditambahi tanam buce atau anubias.



3. Siryu stone
Batu siryu adalah batu yang sangat favorit untuk tema iwagumi. Berwarna abu-abu dengan tekstur runcing. batu siryu biasa diimpor dari jepang. Harganya juga lumayan, paling murah yang saya temui seharga 35rb/kg.



4. Batu serpentine
Batu serpentine memiliki warna abu-abu, jika dimasukkan dalam air warnanya semakin gelap. Memiliki serat batu membentuk bercak putih seperti kaca. Cocok untuk tema iwagumi, tapi saya juga pernah make buat tema nature.



5. Batu besi
Batu besi cocok untuk membuat tema bukit atau gunung. Ada juga yang membuat tema waterfall. Batu besi berwarna hitam gelap dengan tekstur guratan dan lekuk tak beraturan.



6. Batu fosil
Inget dulu smp pelajaran ipa disuruh hafalan “fosil adalah sisa-sisa tumbuhan atau makhluk hidup yang sudah membatu karena tertimbun tanah berjuta-juta tahun yang lalu”. Iyah, batu fosil juga termasuk fosil tumbuhan, tepatnya fosil kayu. batu fosil berwarna coklat, memiliki bentuk seperti kayu tapi sudah jadi batu. Umumnya batu fosil berukuran kecil sekitar 10cm tetapi ada juga yang besar. harganya cukup murah, sekitar 10rb/kg.




7. Batu bata
Yang terakhir adalah batu bata merah. ini batu yang paling murah, 1 batu bata seharga 500-1000/batu. Berbentuk persegi panjang dan berwarna merah. Ukurannya sekitar 18x9x5cm. cocok untuk membuat tembok rumah atau bangunan. Batu bata terbuat dari tanah liat merah yang kaya akan unsur hara. Batu bata dicetak dengan cetakan persegi panjang kemudian dijemur hingga kering. Untuk membuat tekstur keras, batu bata dibakar dengan menggunakan kulit ari padi supaya panasnya merata. saya tidak merekomendasikan batu bata untuk hardscape aquascape loh!.
Share:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers