sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 6 May 2017

macam tema aquascape

Hallo sahabat aquascape. apa kabar hari ini?

Senang bisa kembali berbagi pengetahuan tentang aquascape. Artikel kali ini akan menjelaskan berbagai gaya aquascape yang bisa menjadi referensi bagi anda. Membuat aquascape memang mengasikkan. Dalam pembuatan aquascape memang harus diawali dengan memilih tema atau gaya yang akan diterapkan. Nantinya dari gaya yang dipilih digunakan sebagai pedoman untuk mereng-reng apa saja kebutuhan hardscape dan tanaman yang harus di beli. Dibawah ini ada beberapa gaya yang masih popular di kalangan scaper.

1. Aquascape waterfall
Iya, waterfall. Air terjun. Tema aquascape air terjun adalah konsep membuat air terjun dalam tank. Hanya namanya saja yang air terjun, sebenarnya yang terjun pasir silica putih :-D. nuansa air terjun memberikan keunikan tersendiri. Ini salah satu tema aquascape favorit saya. Hardscape untuk membuat aquascape waterfall biasanya menggunakan lava rock hitam. Lava rock disusun seperti menyerupai tebing air terjun. Untuk menambah keindahan air terjun biasanya bebatuan diberi tanaman yang menempel di batu seperti anubias atau bucepalandra. Menambah desain aliran sungai dibawah air terjun juga bisa menambah nuansa alami. Ada dua cara yang digunakan untuk membuat aliran air terjun yaitu menggunakan pompa air atau menggunakan aerator. Penampakan aquascape waterfall bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.






2. Aquascape forest
aquascape forest mengusung tema hutan. Bisa saja hutan tropis, hutan hujan, atau hutan lindung. Pembuatan tema forest ini terbilang cukup rumit. Kerumitannya terletak pada desain hardscape dan pemilihan tanaman yang musti sesuai. Hardscape yang digunakan biasanya menggunakan kayu yang lurus untuk menciptakan nuansa pepohonan tinggi. Tanaman yang digunakan untuk tema forest sebaiknya berwarna hijau gelap dan berukuran relatif kecil. Tanaman moss sering digunakan sebagai karpet dan juga daun pohon pada tema forest. Selain moss, anubias dan buce juga bisa mempercantik aquascape forest. Substrat yang digunakan cenderung gelap menyerupai tanah hutan. Perawatan tanaman dalam tank musti diperhatikan supaya tanaman mudah rimbun dan memenuhi tank.





3. Aquascape iwagumi
Tema yang ke tiga adalah aquascape iwagumi. Aquascape iwagumi mengusung tema bebatuan. Seperti namanya, konsep iwagumi berasal dari jepang. Iwagumi menitik beratkan pada desain tata letak batu. Batu yang biasa digunakan yaitu batu siryu atau batu serpentine. Namun semua batu bisa digunakan untuk iwagumi, bahkan batu kali biasa, tinggal bagaimana kita memilih batu dan tata letaknya. Konsep iwagumi sudah terlihat indah walau hanya dihiasi tanaman karpet saja seperti mini hairgrass atau cuba, namun ada juga yang memberikan tanaman stem untuk mengisi bagian belakang batu.










4. The nature
Tank nature mengusung tema back to nature atau kembali ke alam.tema ini paling banyak digunakan di kalangan scaper. Aquascape pertama saya juga pakai tema nature. Aquascape nature harus terlihat alami, seperti terbentuk tanpa campur tangan manusia. Tema ini memadukan bebatuan, kayu dan tanaman seperti di alam. Warna substrat yang digunakan sangat variatif. Substrat pasir malang atau soil coklat menghadirkan kesan tanah alami.jenis moss juga cocok diletakkan pada kayu untuk membuat pohon. Beberapa referensi aquascape nature bisa dilihat pada gambar dibawah ini.











5. Dutch style
Yang terakhir adalah dutch style (gaya belanda). Dutch style mengusung tema tanaman yang berwarna-warni. tema ini jarang sekali menggunakan batu maupun kayu. biasanya hanya terdapat tanaman dalam tank. Kebanyakan tanaman yang digunakan adalah tanaman stem plant, dengan warna yang variatif. dalam sebuah tank dutch style biasanya terdapat banyak jenis tanaman. Tanaman ini ditanam secara bergerombol per jenisnya. warna yang bervariatif membuat tanaman sangat terlihat kontras, namun inilah sisi keindahannya. Untuk warna substrat yang digunakan saya kira kurang begitu diperhatikan karena seringnya substrat tertutup oleh banyaknya tanaman.



Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers