sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Thursday, 1 June 2017

jenis tanaman aquascape berdasarkan letaknya



Apa kabar sahabat aquascape? pastinya baik dong.

Oke, sesuai judulnya, pada postingan kali ini saya akan mengulas jenis-jenis tanaman aquascape.
Saat kalian pergi ke toko aquascape, kalian akan banyak melihat tanaman dengan rupa bentuk berbeda-beda. Terus kalian bertanya-tanya, tanaman jenis apa sih ini? Tanaman jenis apa sih itu? Gak enak dong kalau tanya satu-satu sama penjualnya. Nah, mendingan simak aja nih, semoga membantu.

Tanaman aquascape adalah tanaman yang bisa hidup dalam air. Jangan asal tanaman hias masuk dalam tank loh. Kalau tanaman darat dimasukin ke aquarium bisa-bisa tanaman jadi busuk terus mencemari air.
Ada banyak sekali tanaman untuk aquascape. Tanaman aquascape dibedakan berdasarkan letaknya dalam tank.

1. Foreground (karpet)
Tanaman karpet digunakan layaknya karpet di rumah. Digunakan sebagai alas tank. Tanaman ini berukuran mini dan tumbuh merambat pada substrat sehingga substrat tertutup olehnya. Jenis tanaman ini biasanya memiliki daun kecil dan pendek, ada juga yang memiliki bentuk seperti rumput-rumputan tetapi dengan ukuran yang kecil.
Contoh:

2. Middleground
Tanaman middle diletakkan dibagian tengah tank, memiliki ukuran sedang, tidak terlalu tinggi (tidak sampai permukaan tank). Tanaman middle biasanya berjenis vern atau tanaman rizome seperti anubias.
Contoh:

3. Background
Tanaman jenis background digunakan sebagai penghias bagian belakang tank. Kebanyakan tanaman background berbentuk memanjang ke atas dan tinggi.
Contoh:

4. Moss
Moss adalah lumut air, tapi jangan dianggap seperti lumut yang biasanya loh. Moss hidup dengan menempel. Media tanam moss bisa menggunakan kayu, batu, atau lempeng pakis. Moss bisa juga digunakan sebagai karpet atau membuat pohon bonsai moss.
Contoh:

5. Media batu
Tidak semua tanaman harus ditanam disubstrat. Ada juga tanaman yang bisa ditanam di media batu. Tanaman ini menempelkan akarnya di permukaan batu dan menyerap nutrisi yang ada di air. Jika kita membuat aquascape hanya dengan tanaman ini, maka tidak perlu adanya pupuk dasar, cukup menggunakan pupuk cair sebagai penyedia nutrisi.
Contoh:







Share:

1 komentar:

Anonymous said...

artikelnya bagus. mohon dilengkapi lagi :-)

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers