sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 16 June 2017

macam-macam udang penghias aquascape

Apabila kita mendengar kata udang, pastinya yang pertama terfikirkan adalah udang yang enak untuk dimakan. Udang goreng krispi, udang asam manis, pepes udang, gimbal udang, dll. Udang memang dapat dikonsumsi untuk kebutuhan pangan, namun sekarang ini banyak jenis udang yang dikonsumsi keindahannya. Udang hias memiliki bentuk yang relatif kecil dibandingkan udang konsumsi. Selain itu jenis udang hias memiliki warna dan corak yang sangat indah. Udang ini dapat dipelihara dalam aquarium biasa maupun aquascape. udang hias selain dinikmati keindahannya, bermanfaat juga untuk menjaga kebersihan aquarium karena dapat memakan sisa makanan ikan dan alga merugikan.

Jenis udang hias yang biasa digunakan untuk akuarium atau aquascape adalah sebagai berikut:

1. Cherry shrimp (Neocaridina heteropoda)
Ada beberapa varietas cherry shrimp berdasarkan warna: red, black, blue, dan yellow. Grade dengan warna yang lebih pekat selalu diawali dengan kata “super”, misalnya super red cherry shrimp, tentu harga lebih mahal dengan grade biasa.

2. Bee shrimp (Caridina cantonesis sp)
Bee shrimp berasal dari perairan air tawar di Cina selatan, memiliki masa hidup hingga 18 bulan. Bee shrimp memiliki motif belang seperti lebah.ada beberapa varietas yang terkenal, yaitu red bee shrimp, black bee shrimp, white bee shrimp, dan golden bee shrimp. Pada suhu air 22 derajat celcius, waktu penetasan adalah 28 hari. Bee shrimp akan mengembangkan warna terbaiknya bila beradda pada suhu air 24-25 derajat celcius.

3. Tiger shrimp (Caridina cantonesis sp)
Tiger shrimp masih satu kelas dengan bee shrimp, namun dengan corak yang berbeda. Tiger shrimp memiliki corak belang seperti harimau. Beberapa jenis tiger shrimp yang popular adalah red tiger shrimp, yellow tiger shrimp, dan black tiger shrimp.

4. Sulawesi shrimp
Sulawesi shrimp adalah spesies endemic dari sebuah danau di Sulawesi. Terdapat 12 spesies udang Sulawesi yang terkenal di dunia, diantaranya: Celebes/harlequin, caridina tigris, orchid, reed line, white spot, yellow cheek, ellow nose.

Masih banyak lagi jenis-jenis udang hias lainnya, seperti: Pinocchio, amano shrimp, bamboo shrimp, dll. Dibawah ini ada beberapa penampakan dari udang hias yang popular dipelihara dalam aquascape.

Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers