sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 30 June 2017

mengenal ikan discus - si raja ikan air tawar

Gambaran besar Ikan Discus
Ikan diskus adalah ikan tropis yang paling indah dan paling terkenal didunia. Badannya bulat pipih hampir berbentuk lingkaran cakram. Mulutnya kecil dengan dahi yang curam, mata merah muda dan sirip besar yang besar. Tubuh memiliki sembilan garis gelap dan vertikal dan warna dasar tubuh mereka biasanya berkisar dari warna kecoklatan sampai biru dan hijau gelap. Mereka juga terlihat bermotif lurik dengan bercak pigmentasi hitam, kuning dan merah. Sirip punggung memanjang sesuai bentuk tubuh, sementara sirip ekornya menjorok dan sirip pelvis berbentuk pedang.
Banyak jenis ikan discus yang terkenal seperti Cobalt Discus, Blue Discus, Blue Faced Discus, Blue-Head Discus, Red Thunder Discus dll. Mereka juga kadang-kadang disebut ikan raja ikan Akuarium. Ikan ini berasal dari lembah Sungai Amazon dan habitat alaminya meluas ke Rio Solimões dan di sepanjang Sungai Amazon utama antara Rio Putamayo di Kolombia dan Peru sejauh drainase Rio Tocantins di Brasil. Discus ini mendiami perairan dengan arus lamban, asam, dan dan mereka lebih memilih tinggal di daerah yang dalam di sekitar akar pohon dan bebatuan. Ini adalah ikan yang sangat ramah dan sering ditemukan dalam kelompok besar di habitat asli mereka dan mereka suka berada dalam bayangan di siang hari.




Makanan Ikan Discus
Discus adalah ikan karnivora dan dalam kondisi liar, mereka terutama memakan ikan kecil dan larva, serangga air lainnya dan hewan invertebrata seperti cacing. Dalam kondisi peliharaan, umumnya mereka menerima beragam jenis makanan hidup dan beku seperti udang air asin hidup, cacing darah, daging sapi cincang dan cacing putih. Ikan ini juga memakan serpihan Tetra Min, Tetra Color Bits, Tetra Prima, serpih spirulina, bayam, pelet diskus dan ikan kecil. Pakan harus diberikan 2-3 kali sehari

Perawatan Ikan Discus
Ikan Discus adalah salah satu ikan tropis yang lebih sulit dijaga dan tidak disarankan untuk pemula. Ikan ini membutuhkan 50 galon (190liter) air dalam akuarium dengan arus air yang baik bersamaan dengan filtrasi yang kuat dan efisien. filter karbon dapat membantu menjaga kualitas air. Ikan diskus lebih menyukai kondisi air yang hangat, lembut dan sedikit asam. Tangki harus memiliki area terbuka untuk berenang dengan beberapa tanaman air seperti Umbi Lily Dwarf, Bawang Merah, Ozelot sword, Rangeri sword dan tanaman pakis dan lumut seperti Fern dan Subulata. Discus termasuk schooling fish dan harus dipeliara dalam kelompok yang terdiri dari sekitar 6 ekor atau lebih. Pasangan tangki yang cocok termasuk spesies Characin seperti Cardinal Tetra, Neon Tetra, Rummynose Tetra, Glowlight Tetra, atau Tetra Kongo. Sebaiknya tidak dipelihara bersama Angelfishes dan Corydoras Catfish. Ikan diskus sangat sensitif terhadap perubahan air dan setidaknya 25% air tangki harus diganti setiap minggu untuk membuat lingkungan tangki menjadi sehat.

Pembibitan Ikan Discus

Discus berkembang biak dengan bertelur dan bisa berkembang biak dalam kondisi peliharaan. Discus betina meletakkan 200-400 butir telur menempel pada tanaman, kayu apung, batu dan hiasan di akuarium. Telur dibuahi oleh jantan setelah telurnya diletakkan. Kondisi air untuk pembiakan harus sedikit asam, lembut dan hangat dengan pH sekitar 6,0 - 6,5, dan suhunya harus antara 27,8 – 31,1 ° C. Induk menjaga telurnya. Telur bisa menetas dalam waktu sekitar 2 hari. Induk harus tetap bersama burayak ikan. Burayak ikan selama 10 hari pertama memakan lendir yang merupakan sekresi dari kulit induk, setelah itu induk harus dikeluarkan dari tank. Burayak ikan diberi makan udang air asin atau makanan burayak lainnya.

Jenis kelamin Ikan discus
Sulit membedakan jenis kelamin. Setela siap kawin, papilla jantan lebih runcing sementara papila betina lebih blat. Discus jantan mungkin lebih besar dan beberapa jantan memiliki sirip punggung yang lebih runcing dan bibirnya lebih tebal

Nama Ilmiah: Symphysodon aequifasciatus
Nama Umum: Cobalt Discus, Blue Discus, Blue Faced Discus, Blue-Head Discus, Red Thunder Discus
Asal: Sungai Amazon
Dewasa Ukuran: sampai 22 cm
Perilaku: Damai
Tank Level: Semua
Ukuran Tangki Minimum: 50 galon
Diet: karnivora
Pembiakan: Lapisan telur
Tingkat perawatan: Sedang Sulit
PH air: 6.0-6.5
Kekerasan Air: 10 - 150 dGH
Suhu Air: 82,0 sampai 88,0 ° F
Gerakan Air: Sedang
Pencahayaan: Sedang - pencahayaan normal
Umur: 10 tahun atau lebih
Makan Ikan Discus



Source: aquaticmag.com
Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers