sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 21 July 2017

membuat perangkap udang aquascape

Memelihara udang hias pada tank memang menyenangkan, apa lagi dipelihara dalam tank aquascape.
Melihat tingkah laku dan keunikan warna udang hias membuat setiap orang merasa senang. Udang adalah hewan yang suka mengais sisa makanan di tanaman dan didasar tank. udang sering menghabiskan waktu didasar tank dan terkadang bersembunyi di balik hardscape. Karena hobinya yang suka bermain ditempat yang sulit dijangkau, udang jadi sulit ditangkap. Nah, bagaimana cara menangkap udang yang suka bersembunyi di tank aquascape dengan banyak hardscape?.

Saat saya mencoba menangkap udang dengan serokan ikan, sangat sulit sekali. Udang terus berlari dan bersembunyi dibalik batu dan kayu. untuk mensiasatinya, saya memodifikasi perangkap seperti bubu untuk ikan, Namun dengan bahan yang sederhana, dan ternyata berhasil!

alat dan bahannya antara lain:
1. Botol Plastik 600ml / sesuai selera
2. Cutter atau pisau
3. Makanan Udang


Begini cara membuatnya:

Kosongkan botol. Cucilah hingga bersih agar tidak mengotori tank.

Potong botol menjadi dua (potong pada jarak 1/3 panjang botol diukur dari tutup botol)


lubangi tutup botol sehingga udang bisa masuk tapi tidak cukup besar untuk ikan.


masukkan makanan udang secukupnya di bagian bawah botol. Balik bagian atas botol dan pasang dengan bagian bawah (lihat gambar).


Selanjutnya, tempatkan jebakan di dalam tank (sebaiknya di dasar). Menurut saya, jika perangkap dipasang tegak lebih bagus daripada dipasang miring. Setelah perangkap dipasang, bisa ditinggal beberapa jam hingga udang tertangkap.


Catatan: ada sedikit masalah, terkadang udang bisa stres dan sekarat di dalam botol jika perangkap ditinggal terlalu lama, kemungkinan karena sirkulasi yang tidak mencukupi. Hal ini bisa diatasi dengan membuat lubang kecil disisi perangkap agar sirkulasi air terjaga (lubang tidak lebih besar dari udang). - saya tidak bertanggung jawab jika udang Anda mati di dalam perangkap buatan Anda.
Share:

1 komentar:

Toko Aquatic said...

Thanks infonya bos https://bit.ly/2OOjO7O

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers