sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Wednesday, 12 July 2017

mengenal amazon sword



Amazon Sword adalah tanaman aquacape yang umum dan populer dijual di toko aquascape.
Amazon Sword adalah tanaman Background yang hebat. Saat ditanam sendiri, bisa menjadi tanaman inti yang dapat mencuri perhatian. Daun hijaunya akan benar-benar menonjol terutama dengan latar belakang hitam. Saat ditanam dengan tanaman sejenis, Tanaman Amazon Sword dapat menciptakan efek "forest-like" atau efek hutan. Disamping itu, Amazon Sword bisa menjadi tanaman yang tepat untuk menyembunyikan filter atau heater akuarium.

Amazon Sword Plants Dan Tank Mates (teman di akuarium)

Tanaman Amazon Sword adalah pilihan yang baik untuk ikan kecil yang bergerombol. Tanaman ini tidak tepat jika dicampur dengan ikan seperti Oscar, Jack Dempsey, Texas Cichlids atau ikan agresif yang lainnya karena ikan ini dapat merusak daun tanaman dengan sangat mudah. Hal yang sama berlaku untuk ikan Plecostomas (pleco).

Catatan Mengenai Goldfish: Ikan mas bisa menjadi kasar pada tanaman Amazon Sword, jadi mungkin saja tanaman ini bukan tanaman terbaik untuk tank ikan mas. Ikan mas juga menganggap tanaman ini sebagai makanan tambahan. Anda akan menemukan tanaman ini sedikit demi sedikit habis dimakan ikan mas.

Membeli Amazon Sword

Beberapa hal yang harus diperhatikan: Saat membeli, cari Amazon Sword Plants dengan daun hijau sehat panjang. Pastikan mereka terbebas dari lubang, bercak coklat, atau alga. Selain itu, cobalah mencari tanaman yang memiliki struktur akar yang sehat dan kuat. Cobalah untuk menghindari tanaman dengan daun yang berubah warna atau kurang sehat. Jika daunnya berwarna kuning, coklat, atau berubah menjadi transparan, mungkin lebih baik mencari di tempat lain.



Perawatan Tanaman Amazon Sword Cukup Mudah

Perawatan Amazon Sword tidaklah sulit. Inilah salah satu alasan mengapa tanaman ini bagus untuk pemula. Amazon Sword bisa hidup dengan baik dalam berbagai kondisi air:

pH air : 6.5 - 7.5, namun beberapa menunjukkan bahwa pH 6,0 masih dapat diterima.
Suhu Air : Kisaran ikan tropis, 72 - 82 derajat Fahrenheit (22-28C).
Pencahayaan : Sedang sampai kuat, dan selama antara 10 - 12 jam per hari.

Tingkat Pertumbuhan Tanaman Amazon Sword

Dalam tank dengan pencahayaan rendah, tingkat pertumbuhan Amazon Sword akan lambat dan stabil. Tapi perhatikan bahwa Amazon Sword bisa tumbuh setinggi 12 inci. Dan di bawah kondisi yang tepat, mereka bisa tumbuh menjadi 18 sampai 20 inci, atau lebih. Jadi Amazon Sword adalah tanaman yang bagus untuk tank yang tinggi. Untuk tank yang lebih kecil, tanaman ini akan memerlukan banyak pemangkasan jika sudah terlalu tinggi.

Menanam Amazon Sword

Tanaman Amazon Sword cukup tangguh dan dapat ditanam di kerikil akuarium atau pasir malang, namun substrat berupa soil khusus aquscape adalah pilihan yang lebih baik. Akarnya akan tumbuh cukup besar dan luas, tumbuh dalam dan lebar di seluruh tangki. Jadi, pastikan substrat cukup dalam untuk mengakomodasi tanaman ini. Saat menanam, pastikan akar tanaman sudah tertanam dengan baik, namun hati-hati jangan sampai mengubur mahkota. Mahkota tanaman harus berada di atas substrat dan terlihat oleh mata.

Daun Berubah menjadi Kuning, Pecah, Robek & Alga

ada kemungkinan beberapa daun Amazon Sword akan mati saat baru ditanam .Jika ini terjadi, jangan panik. potong daun mati atau sekarat secara hati-hati pada tangkai dasar tanaman. Selama semua kondisi lainnya sesuai, tanaman harus menyesuaikan diri dengan rumah barunya dan mulai tumbuh daun baru.

Tanaman Amazon Sword memiliki rimpang kecil yang gemuk. Batangnya pendek dan daunnya panjang. Daun muda tumbuh dari tengah tanaman, hal ini membuat daun yang lebih tua menjadi yang di lapisan luar. Daun muda biasanya tipis dan berwarna hijau muda saat pertama kali keluar, akan berubah semakin hijau tua setelah dewasa.

Amazon Sword batangnya kokoh namun daunnya lebih rapuh. Daun bisa retak atau robek dengan mudah dan mereka tidak bisa memperbaiki diri. Daun juga bisa menjadi kuning. Daun kuning menandakan kondisi tank yang buruk. Ini mungkin juga berarti tanaman membutuhkan nutrisi, jadi carilah pupuk tanaman yang mengandung zat besi.


Jika daun berubah menjadi coklat, bening, atau ditutupi alga, potong dari dekat bagian bawah tangkai.

Karena daun Amazon Sword tumbuh lambat dan suka cahaya yang kuat selama berjam-jam, mereka rentan terhadap pertumbuhan alga. Jika pertumbuhan alga menjadi masalah, tidak disarankan untuk mencoba mengambil alga dari daun karena daun bisa retak. Sebagai gantinya, ada baiknya untuk memiliki Udang Amano, Red Cherry Shrimp, Nerite Snails, Mystery Snails atau Otocinclus catfish untuk membantu menjaga pertumbuhan alga.
Kelebihan pertumbuhan alga bisa disebabkan oleh kondisi air akuarium dan cahaya yang berlebihan. Jadi pastikan kondisi air cukup baik dengan melakukan pengujian dan melakukan perubahan air secara rutin. Dan jaga agar kadar bahan organik dan limbah tidak berlebihan. Masalah pencahayaan yang berlebihan bisa menjadi tantangan karena tanaman ini menyukai cahaya yang kuat selama berjam-jam.

Reproduksi

Amazon Sword akan bereproduksi dengan menembakkan satu batang panjang dengan tunas. Sekitar setiap 3 - 4 inci atau lebih, tanaman kecil baru akan terbentuk. Segera setelah itu, tanaman kecil baru akan mengembangkan akar sendiri. Setelah akar mulai tumbuh dan cukup kuat, batang dapat dipotong dan tanaman dapat ditanam di substrat dan berkembang dengan sendirinya.



First Appearance:
Aquariumcarebasics.com

Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers