sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Sunday, 2 July 2017

mengenal angelfish - si ikan malaikat



 
Angelfish
Piterophyllum scalare

Angelfish atau dikenal juga sebagai manfish adalah ikan yang populer di kalangan ikan akuarium tropis karena bentuknya yang unik dan kepribadiannya yang menarik. Angelfish memiliki tubuh pipih dengan sirip ekor yang lebar dan berbentuk kipas. Sirip punggung dan sirip bawahnya memanjang dan lebar. Ikan ini berasal dari lembah Sungai Amazon di Peru, Kolombia dan Brasil di sepanjang sungai Ucayali, Solimões dan Amazon, sungai Amapá di Brasil, Sungai Oyapock di Guyana Prancis dan Sungai Essequibo di Guyana. Ikan ini mendiami rawa atau lahan banjir dengan vegetasi lebat, pencahayaan terang dan air jernih. Ikan ini lebih menyukai kimia air dengan pH 6-7,5, kekerasan air 5 - 13° dH dan suhu air 74 sampai 86 ° F (23-30°C).

Latar Belakang Angelfish
Angelfish adalah ikan dengan bentuk yang sangat khas dan populer. Ini pertama kali ditemukan oleh Liechtenstein pada tahun 1823. Ikan ini termasuk keluarga Chichlidae di bawah Orde Perciformes dari Kelas Actinopterygii.


Perawatan Angelfish
Angelfish memiliki penggemar yang banyak karena keindahannya, kapasitas reproduksi dan kemampuan beradaptasi terhadap penangkaran. Umumnya ikannya damai dan membutuhkan setidaknya 30 galon (113,5liter) air dalam tank, filtrasi yang baik dan tempat luas untuk berenang. Mereka harus dipelihara dalam kelompok 5 atau lebih individu. Pasangan tank yang cocok termasuk Pleco, Blue Gourami, Dwarf Gourami, jenis Tetra Besar, dan Bala Shark. Mereka seharusnya tidak dipelihara dengan ikan yang suka menggigit sirip ikan lain. PH ideal untuk ikan ini adalah antara 6,0 dan 7,5, suhu harus berkisar 74 - 86 ° F (23-30°C), dengan kekerasan air 5 sampai 13 ° dH. Mereka juga harus dipelihara di akuarium dengan aliran air sedang.

Makanan angelfish
Piterophyllum scalare adalah ikan omnivora dalam kondisi liar, makanan utama ikan iniadalah ikan kecil dan invertebrata. Dalam kondisi peliharaan, ia menerima berbagai makanan yang mencakup serpihan yang diperkaya vitamin, cacing beku, cacing kering dan makanan hidup seperti cacing darah, udang air asin. Pakan harus diberikan satu atau dua kali sehari. Namun harus diperhatikan, Angelfish juga dapat memakan udang hias jika kekurangan makanan.


Umur Angelfish
Angelfish dapat dengan mudah hidup di akuarium dengan kondisi baik selama 10 tahun lebih dan telah dilaporkan melebihi 15 tahun. Ini semua tergantung pada perawatan yang Anda lakukan dengan memberi makan angelfish dan merawat akuarium. Ingatlah untuk memberi makan makanan hidup dan beku sesuai aturan bisa memperpanjang umur mereka. Mengganti 10-20% air akuarium sekali dalam seminggu juga akan membantu menjaga kondisi kesehatan angelfish Anda.


Budidaya Angelfish
Angelfish berkembang biak dengan cara bertelur dan mudah dibiakkan pada kondisi yang tepat. Baik pria maupun wanita menjaga telur yang menempel pada permukaan tanaman air di sarang. Di alam liar, angelfish bertelur pada daun tanaman Amazon sword. Mereka dengan hati-hati membersihkan dedaunan untuk menyiapkan tempat bertelur yang ideal. Ikan betina meletakkan telur berwarna bening dan tembus pandang. Dalam kondisi peliharaan, para angelfish meletakkan telurnya di tabung saringan atau dinding tank atau pada permukaan vertikal seperti batu, tanaman berdaun lebar atau bahkan kaca akuarium. Untuk mengkondisikan pasangan induk, beri mereka makan tiga sampai empat kali per hari dengan jumlah kecil. Telur menetas kira-kira sekitar 60 jam yang tergantung pada suhu air. Setelah 5 sampai 6 hari, burayak bebas berenang setelah selesai mengkonsumsi kantung telur mereka. Setelah beberapa minggu, burayak ikan harus diberi makan dengan makanan serpihan halus.

Nama Ilmiah: Pterophyllum scalare
Nama Inggris: angelfish, silver angelfish atau manfish
Asal: Sungai Amazon
Dewasa Ukuran: 15 cm
Perilaku: Semi-agresif
Tank Level: Semua level tank
Ukuran Tangki Minimum: 30 galon
Diet: Omnivora
Pembiakan: ovipar/bertelur
Tingkat perawatan: Mudah
PH air: 6-7,5
Kekerasan Air: 5 sampai 13 ° dH
Suhu Air: 74 - 86 ° F (23-30°C)
Gerakan Air: Sedang
Pencahayaan: Sedang - pencahayaan normal
Umur: 8-10 tahun



Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers