sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Monday, 3 July 2017

mengenal cacing darah - pakan alami yang kaya gizi


 
Apa itu cacing darah?
Cacing darah adalah jenis larva yang bisa ditemukan di kolam dan kolam. Mereka diberi nama sesuai warna merah cerahnya dan digunakan oleh scaper di seluruh dunia sebagai makanan ikan. Di alam liar, hampir semua spesies ikan memakan cacing darah atau larva lainnya. Sebenarnya, beberapa spesies ikan tidak mau makan pelet atau serpihan dan harus diberi makan makanan hidup dan makanan beku seperti cacing darah.

Cacing darah sebagai makanan ikan -> cacing beku dan cacing kering (tubifex)
Cacing darah tersedia sebagai makanan ikan dalam empat varietas berbeda. Cacing darah bukan pilihan terbaik untuk persediaan makanan primer, namun saya merekomendasikan untuk menambahkan cacing darah ke dalam menu makan ikan anda. Cacing darah kaya akan zat besi dan bagus untuk mempercerah warna ikan.

  • Cacing darah hidup
Cacing darah hidup paling disukai oleh dan akan membawa naluri berburu alami mereka. Bila menggunakan pakan ini, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu untuk meminimalkan kemungkinan penyakit. Anda bisa menemukan cacing darah hidup dijual di banyak toko akuarium dan mungkin juga di toko umpan. Pastikan hanya membeli dari sumber yang Anda percaya. Jika Anda tidak ingin membeli dari toko, anda bisa juga membudidayakannya.

  • Cacing darah beku
cacing darah beku biasa disebut ”cabek”, biasanya dikemasan dalam kemasan kubus plastik. Ikan lebih menyukai cacing darah hidup, namun cabek memiliki keuntungan bisa disimpan didalam kulkas dalam waktu yang lama. Untuk memberi makan ikan dengan cabek, cukup beri sedikit air dan kemudian tuangkan ke dalam akuarium. Anda dapat menemukan cacing darah beku untuk dijual di sebagian besar toko hewan peliharaan dan akuarium dan juga dijual secara online.
  • cacing darah kering
cacing darah kering adalah cacing yang dikeringkan dan biasanya berbentuk kubus kecil. Mereka tidak begitu bergizi seperti cacing darah hidup atau cacing darah beku, namun masih bisa digunakan untuk menambahkan beberapa variasi pada makanan ikan. Untuk memberi makan ikan dengan cacing kering, cukup rendam dalam sedikit air. Anda dapat menemukan cacing kering dijual di toko hewan peliharaan, toko akuarium dan online.
  • Cacing darah dalam bentuk gel/jel
Makanan gel untuk ikan tersedia dalam banyak 'rasa', termasuk cacing darah. Jika Anda tidak ingin memberi makan pelet atau serpihan, ini adalah pilihan bagus untuk ikan karnivora, udang dan binatang amfibi karena gel mengandung vitamin tambahan. cacing darah gel kurang diminati bagi para penghobi. Jika Anda tidak ingin membeli di toko, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Mencari cacing darah
Meskipun mencari cacing darah Anda mungkin terdengar agak aneh (mengapa tidak membelinya di toko saja?) Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meminimalkan risiko parasit dan penyakit dan tantangan menyenangkan bagi para scaper. Ini juga tidak sulit. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara meningkatkan cacing darah.

pertama-tama, siapkan wadah plastik kotak seperti baskom ditambah tanah liat di bagian bawah. Tempatkan ditempat gelap seperti gudang. Cari telur cacing yang dapat ditemukan di air yang stagnan seperti kolam, carilah kantung telur yang seperti agar-agar yang menempel pada tanaman kemudian masukkan ke wadah. Begitu telur menetas, Anda bisa memberi makan cacing darah dengan kotoran hewan ternak atau makanan bubuk. Mereka akan segera dewasa, setelah itu Anda bisa menangkapnya dengan jaring. Anda harus melakukan ini di malam hari saat mereka aktif di permukaan tanah. kemudian anda bisa membilasnya dengan air beberapa kali hingga bersih.

Pembiakan cacing darah
Jika Anda ingin benar-benar membiakkannya, Anda harus membiarkan beberapa dari mereka matang ke tahap dewasa (mereka terlihat seperti nyamuk tapi jangan khawatir, mereka tidak menggigit). Jika Anda membiarkan pintu gudang tertutup, maka mereka akan bertelur di wadah cacing darah. Jika mereka melarikan diri, tidak masalah - kemungkinan besar mereka hanya menuju ke kolam terdekat dan Anda bisa mengumpulkan telur di sana.

Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers