sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Sunday, 23 July 2017

mengenal GloFish / zebra danio


GloFish (Danio rerio)

Ikan ini termasuk dalam keluarga Cyprinidae. Biasa dikenal juga sebagai ikan zebra atau zebra danio yang asli berasal dari sungai-sungai di wilayah Himalaya tenggara. Ikan danio hidup di daerah India, Pakistan, Bangladesh, Nepal dan Birma. Spesies ini mendiami sungai, kanal, selokan, kolam dan air yang mengalir lamban atau stagnan termasuk sawah. GloFish adalah organisme model vertebrata yang penting dalam penelitian ilmiah karena kemampuan regenerasinya yang menonjol. Ikan zebra danio memiliki banyak skali jenis warna yang cerah bersinar. Karena warnanya yang cerah maka ikan ini dinamai ikan glofish.


Perawatan GloFish
GloFish adalah ikan tahan banting dan dianggap cocok untuk scaper pemula. Ikan ini mudah beradaptasi dengan kondisi akuarium. Setidaknya tank 50cm atau lebih besar diperlukan agar ransio Danio Anda tetap sehat dan nyaman. Mereka juga suka bergerombol atau disebut schoolingfish. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan dan tengah tank. Ikan ini adalah ikan yang damai dan harus disimpan dengan ikan damai lainnya seperti ikan danios, barbs, tetra, angelfish dan ikan air tawar lainnya yang ukurannya sama. Akuarium adalah sistem tertutup dan selalu membutuhkan perawatan. Kadar bahan organik, nitrat dan fosfat terus meningkat di akuarium dan kekerasan air meningkat karena penguapan. Perawatan yang tepat harus dilakukan dan 25-50% air tank harus diganti setidaknya sebulan sekali. Jika tanknya padat, 20-25% air harus diganti setiap minggu. Akuarium membutuhkan sistem filtrasi yang baik dan pergerakan air yang cukup.


Memberi makan GloFish
GloFish atau zebra danio adalah omnivora dan mereka mendapatkan makanan dari air, terutama memakan zooplankton, ganggang, tanaman vaskular, spora, serangga, larva serangga, telur invertebrata dan berbagai makanan lainnya seperti cacing dan krustasea kecil. GloFish juga bisa memakan makanan dari luar permukaan air seperti serangga darat. Di akuarium mereka makan hampir semua makanan akuarium, pelet atau pakan hidup. Makanan seperti pelet harus diberikan dalam takaran kecil 2 - 3 kali per hari. Mereka juga mau memakan tubifek. Burayak GloFish awalnya bisa diberi makan Paramecium atau mikroorganisme lainnya. Pada sekitar hari ke 9 mereka bisa diberi makan makanan yang lebih besar.


Pembibitan GloFish
Danio rerio dianggap mudah berkembang biak di akuarium. Ini adalah ikan aktif dan sosial yang berkembang biak secara musiman selama musim hujan yang berkisar antara bulan April sampai Agustus. Ini cenderung berkembang biak di kolam yang dingin dan tumbuh dengan baik. Pada kondisi pemijahan, lokasi pemijahan kerikil lebih disukai daripada lokasi pemijahan lumpur. Suhu air (78F / 25C) akuarium harus dijaga dan memberi makan betina dengan makanan berkualitas tinggi. Zebra danio melakukan pemijahan selama 1 sampai 6 hari selama musim pemijahan yang terjadi setahun sekali. Perkawinan dipengaruhi oleh suhu dan ketersediaan makanan sebagai syarat untuk berkembang biak. Waktu penetasan juga tergantung pada suhu air sekitar 83,3F/28,5C. Telur bisa menetas antara 48 dan 72 jam setelah pembuahan.ikan menetas berukuran kira-kira 3 mm dan segera menjadi mandiri. Mereka dapat berenang, makan dan menunjukkan perilaku aktif dalam 36 sampai 72 jam.


Jenis kelamin GloFish
GloFish jantan sulit dibedakan dari betina selama tahap remaja namun pada tahap dewasa mudah untuk melihat perbedaan antara GloFish jantan dan betina. Laki-laki memiliki tubuh berbentuk torpedo dengan garis-garis emas di antara garis-garis biru sementara betina memiliki garis keputihan dan perak yang lebih besar daripada garis-garis emas. Laki-laki juga memiliki warna kuning lebih banyak dan sirip dubur lebih banyak daripada betina. Betina dewasa menunjukkan papilla alat kelamin kecil di depan sirip dubur. Selama waktu berkembang biak, perut betina lebih terlihat mengembang karena membawa telur.

Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers