sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Monday, 3 July 2017

mengenal ikan kuhli loach - ikan atau belut?

 
Kuhli loach adalah salah satu ikan akuarium air tawar yang paling menarik,dikenal juga dengan sebutan coolie loach, giant coolie loach, slimy loach, leopard loach, leopard eel, prickly eye, cinnamon loach, dll. Ditemukan di Asia Tenggara; Sumatra, Singapura, Malaysia barat, Jawa, Kalimantan, dan Thailand. Ikan ini hidup di bagian sungai hutan yang dangkal dan arus lamban, atau habitat tenang lainnya seperti rawa dengan dasar berlumpur lembut dan banyak daun yang jatuh di air. Ikan ini lebih suka hidup dalam kelompok kecil.

Ikan Kuhli Loach Ini memiliki tubuh berbentuk belut dengan sirip sangat kecil. Empat pasang kumis ada di sekitar mulut. Tubuh berwarna kuning kehijauan dan bermotif belang dengan 12 sampai 17 garis gelap vertikal yang melingkari bagian atas tubuh mereka. Seluruh bagian tubuh ikan ini ditutupi dengan sisik yang sangat kecil kecuali kepalanya. Mata ditutupi oleh kulit transparan. Ikan ini Bisa tumbuh hingga 10 cm dan bisa hidup sampai sekitar 10 tahun.


Makanan Kuhli Loach
Kuhli loach adalah omnivora dan di alam liar umumnya memakan makanan berupa tanaman dan hewan. Dalam kondisi peliharaan, ia menerima semua jenis makanan kecil dan makanan beku dan makanan berbasis daging seperti cacing Tubifex, udang kecil, larva nyamuk, Artemia, cacing darah, cacing mikro, cacing grindal dan Daphnia. Mereka juga menyukai makanan pellet dan tablet yang tenggelam, serpihan dan sedikit makanan nabati seperti wafer alga. Untuk menjaga keseimbangan, berikan makanan berkualitas tinggi setiap hari. Pakan harus diberikan 2-3 kali sehari.


Perawatan Kuhli Loach

Kuhli loach adalah ikan yang damai dan membutuhkan setidaknya 20 galon (75,7liter) air dalam tank dengan substrat berpasir, batuan sungai yang halus dan beberapa akar kayu apung untuk tempat persembunyian. Ikan ini adalah ikan penghuni bawah tank yang menghabiskan sebagian besar waktunya di lapisan bawah tank. Tank harus memiliki cahaya yang cukup redup dengan tanaman air seperti Java fern, java moss dan water trumpet, dll. Mereka hidup dengan baik di dalam tank dengan air lembut dan sedikit asam dengan pH 5,5-6,8, kekerasan 0 - 5 dGH dan suhu Antara 75 - 86F (23,8-30C). Pergantian air sekitar 30% harus dilakukan seminggu sekali. Tank juga lebih baik diberi penutup karena ikan ini bisa saja melompat keluar tank. Ikan ini lebih baik dipelihara dalam kelompok, 3 ekor atau lebih. Kuhli loach dapat dipelihara bersama sebagian besar ikan lainnya namun tidak boleh dipelihara bersama ikan jenis Cichlids. Pasangan tank yang sesuai mencakup spesies kecil dan damai dari lingkungan yang serupa seperti Mosquito atau Chilli rasbora, Danios, ikan Rasbora yang lebih kecil, Gourami, Mini Royal Loach, dll.

Pembiakan Kuhli Loach
kuhli loach berkembang biak dengan cara bertelur dan sulit untuk berkembang biak di akuarium rumah. Tank pemijahan harus berukuran 10-20 galon (33-75liter) dengan tanaman mengambang yang memberikan permukaan redup saat pemijahan. Pembiakan di penangkaran membutuhkan banyak ruang persembunyian dan kualitas air yang konsisten. Tank harus memiliki suhu air 75 - 860F (23,8-30C), pH 6,7 dan kekerasan 0 - 5 dGH. Betina dewasa menghasilkan sekitar 500-700 telur berwarna hijau di antara akar tanaman terapung seperti water lettuce atau tanaman lainnya di dekat permukaan. Induk harus dikeluarkan dari tank tepat setelah pemijahan. Telur menetas setelah beberapa hari dan burayak ikan mulai makan beberapa hari kemudian. burayak bisa diberi makan dengan infusorians, rotifera, atau Tubifex. Dalam sebulan burayak menjadi sekitar 1 cm dan menjadi bergaris-garis. Ini menjadi dewasa pada usia 8-12 bulan.


Jenis kelamin Kuhli Loach
Betina dewasa biasanya bertubuh lebih berat dan sedikit lebih besar dari pada jantan. Pada Jantan, sirip dada terlihat lebih besar dan lebih berbentuk seperti dayung dengan garis dada yang bercabang dan menebal. Selama musim pemijahan di tempat memijah, perut induk betina berwarna kehijauan.


Nama Ilmiah: Pangio kuhlii
Nama Umum: Kuhli Loach, Coolie Loach, Leapard Eel, Prickly Eye, Cinnamon Loach
Asal: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sarawak
Dewasa Ukuran: 11 cm
Perilaku: Damai
Tingkat Tangki: Bawah
Ukuran Tangki Minimum: 20 galon
Diet: Omnivora
Pembiakan: Lapisan telur
Tingkat perawatan: Mudah-sedang
PH air: 5,5-6,8
Kekerasan Air: 0 - 5.0 dGH
Suhu Air: 75 - 860F
Gerakan Air: Sedang
Pencahayaan: Pencahayaan rendah
Umur: 10 tahun

Aquaticmag.com
Share:

3 komentar:

Ardi Ferdi said...

Wah isi dr artikelnya bagus2, enak dibacanya. Pas ni lg mulai miara ikan, walau bukan aquascape hehehe...

aquascape batang said...

terima kasih.
mohon koreksinya apabila ada kesalahan.

Unknown said...

Klo mau beli dimana ya?

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers