sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Wednesday, 12 July 2017

mengenal keong assassin - si keong pembunuh



Clea helena (Assassin snail)

Keong Assassin telah menjadi keong air tawar yang populer untuk dipelihara. Keong Assassin memiliki reputasi untuk dapat membantu menjaga populasi beberapa keong lainnya yang dianggap sebagai hama. Walaupun memelihara sekelompok kecil Keong Assassin di dalam sebuah tank dapat mengurangi jumlah keong hama, Keong Assassin tidak boleh dianggap sebagai satu-satunya solusi untuk mengatasi ledakan populasi keong. Menjaga populasi keong hama juga dapat dicapai dengan membuang makanan yang tidak dimakan dari substrat dengan menyedotnya secara teratur.

Membeli Keong Assassin

Saat membeli Keong Assassin, cari keong yang tampil aktif. Keong Assassin harus ditempelkan pada permukaan keras seperti kaca akuarium atau batu. Seekor Keong Assassin memiliki cangkang berbentuk kerucut, mirip dengan cangkang keong Trumpet Malaysia dan keong Kelinci. Cangkang Keong Assassin berwarna emas dengan belang garis coklat tua melingkari tubuhnya.

tubuh dan kaki Keong Assassin berwarna krem, dengan bintik-bintik yang lebih gelap di seluruh tubuh. Pastikan Keong Assassin memiliki dua tentakel, dengan mata di dekat pangkal tentakel. Hati-hati saat memelihara keong assassin di tank dengan ikan kasar. pastikan keong terlihat sehat, aktif dan lengkap.

Hindari membeli Keong Assassin dari tank dengan jumlah kondisi yang tidak biasa atau yang tampak sakit, karena ini bisa menjadi indikasi kondisi buruk dan keong yang tidak sehat. Juga hindari membeli Keong Assassin jika mereka tampak tidak bergerak di dasar tank atau mengambang karena ini bisa jadi indikasi keong sedang sakit atau mati. Akhirnya, periksa untuk memastikan cangkang keongnya tidak kosong.

Galeri Of Assassin Snail Pictures







Perawatan Keong Assassin: Sedang

Salah satu hal yang baik adalah perawatan Keong Assassin tidak terlalu sulit. Namun, Ini tidak semudah merawat beberapa jenis keong lainnya, tapi asalkan kondisi airnya benar, dan makanannya banyak, perawatan Keong Assassin tidaklah repot. Kuncinya adalah ukuran dan stabilitas kondisi tank. Saat menambahkan Keong Assassin baru ke dalam tank, lakukan dengan sangat perlahan dan lembut.

Ukuran Keong Assassin. Keong Assassin yang ditemukan di toko umumnya berukuran sekitar 3/4 Inci. Dalam kondisi yang tepat, Keong Assassin yang dewasa dan matang bisa tumbuh lebih dari 3 inci. Jadi pastikan tank anda memiliki ukuran dan kapasitas yang cukup untuk menunjang kehidupan keong dewasa.

Parameter Air: Stabil Adalah Kuncinya

Assassin Keong tidak menyukai perubahan parameter air secara tiba-tiba, jadi pastikan akuarium disaring dengan baik. Juga pastikan tank telah terisi penuh, mature, dan distabilkan sebelum diisi keong assassin. Penting untuk menjaga tingkat Amonia dan Nitrit pada 0 ppm. Hati-hati saat menambahkan obat dan pupuk tanaman. Keong Assassin mungkin sensitif terhadap beberapa kandungannya, terutama dalam konsentrasi tinggi. Hal ini terutama berlaku untuk Tembaga. Tembaga bisa berakibat fatal bagi keong, jadi periksa kembali untuk memastikan zat aditif apapun agar keong dan udang aman.

Aquarium pH: 7.0 - 8.0. Beberapa penggemar menyarankan rentang yang lebih luas mungkin dilakukan.
Suhu: 75 - 80 derajat Fahrenheit.
Kekerasan: Air harus dalam kondisi keras untuk kesehatan dan pertumbuhan cangkang.
Pencahayaan: semua pencahayaan bisa diterima.

Habitat dan Ukuran Tank Keong Assassin

Masalah lain yang terkait dengan Keong Assassin berkaitan dengan ukuran tank. Ide bagus untuk memelihara Keong Assassin di tank dengan kapasitas minimal 80liter. Assassin Bekicot tumbuh dengan baik di tank dengan parameter yang sehat dan stabil, dan tank yang lebih besar dapat mengatasi perubahan parameter air secara mendadak. Keong Assassin memakan keong air tawar lainnya, sehingga jumlah keong yang dapat dimakan harus cukup banyak dalam tank sebagai sumber makanan. Tingkat pertumbuhan Keong Assassin juga harus dipertimbangkan. Saat Keong Assassin ini dewasa, mereka tumbuh dalam ukuran yang membutuhkan lebih banyak keong untuk dimakan. Keong Assassin sering dipelihara dalam kelompok kecil berjumlah lima atau enam ekor saja dalam tank besar. Tank yang kecil bukan pilihan yang tepat untuk memelihara Keong Assassin.

masalah lain dari Keong Assassin adalah keamanan keong itu sendiri. Tank sebaiknya ditutupi untuk mengurangi kemungkinan Keong Assassin kabur dari tank. Menurut pengalaman, sebaiknya memasang filter dengan spons karena keong terkadang membuat kepala dan tubuh mereka terjebak pada filter. Mereka bisa terluka parah, atau terbunuh. Seekor Keong Assassin sangat aktif, habitatnya harus memiliki banyak tempat untuk dijelajahi. Substrat harus dalam kondisi bagus karena keong assassin suka menggali untuk mencari makanan.

Umur keong assassin

Keong Assassin sehat bisa hidup sekitar dua tahun. Keong yang sehat bisa hidup lebih lama jika makanan berlimpah dan kondisi airnya benar. Beberapa penggemar mengatakan keong assassin mereka telah hidup di atas lima tahun.

Memberi makan keong assassin

keong assassin adalah karnivora yang suka mengubur dirinya sendiri di substrat, menunggu sesuatu untuk dimakan. Keong ini sangat suka memakan keong Trumpet Malaysia, keong Ramshorn dan keong kolam. keong assassin tidak mementingkan ukuran, keong yang lebih besar juga bisa menjadi mangsanya. keong tanpa operkulum, seperti keong Ramshorn adalah mangsa yang rentan untuk diserang. Tapi bahkan keong dengan operkulum, seperti keong Trumpet, bisa juga dimakan saat keong assassin lapar. keong assassin juga mungkin tertarik untuk mengonsumsi telur keong yang tidak keras. keong assassin mungkin juga tertarik pada anak udang. keong assassin nampaknya tidak tertarik untuk memakan sesama atau telurnya sendiri.

Dengan keong lain seperti Keong Misteri dewasa, Keong Trapdoor Jepang, Keong Kelinci, Keong Emas dan Keong Gading, jika mangsa lebih besar dari keong assassin, maka mangsa pada umumnya aman. Faktor lain yang terkait dengan ini adalah betapa laparnya Keong Assassin dan apakah ada keong kecil untuk dimakan. Tapi meskipun keong yang lebih besar umumnya aman, anak-anak mereka mungkin tidak. Jadi ingatlah bahwa keong muda kecil mungkin berisiko dimakan oleh keong assassin.

Selain memakan keong, keong assassin mungkin tertarik pada serpihan ikan, cacing darah dan suplemen kaya protein lainnya. Dalam keadaan darurat, Assassin Snail mungkin juga tertarik untuk mengais-ngais untuk potongan daging dan ikan mati. Tapi nampaknya Assassin Snail lebih memilih makan keong Trumpet daripada makanan lainnya. Segera setelah seekor Keong Assassin dimasukkan ke dalam tank, anda mungkin akan mulai melihat banyak cangkang keong yang kosong di seluruh tank. keong assassin adalah keong yang baik untuk disimpan di tank aquascape. keong assassin sama sekali tidak tertarik untuk makan tanaman, jadi tidak ada resiko tanaman akan habis dimakan.

Pembiakan keong assassin

Populasi keong assassin bereproduksi di air tawar dengan bertelur. Assassin Bekicot meletakkan satu telur sekaligus. Kelompok telur saling berdekatan satu sama lain. Setiap telur berwarna kekuningan dan terkandung dalam kandang seperti persegi panjang transparan yang ditempelkan pada kaca akuarium, kayu, lava rock atau permukaan keras lainnya. Setelah beberapa hari, telur kekuningan akan berubah menjadi coklat muda. Dibutuhkan sekitar dua bulan agar telur menetas. Setelah itu, bayi keong assassin akan lahr dan siap untuk berkembang. walaupun keong assassin dapat melakukan reproduksi, mereka tidak akan membuat ledakan populasi di tank.

keong assassin dalam tank

Karena Assassin Snail adalah karnivora, perawatan harus dilakukan saat memilih pasangan tank. keong assassin tampak sangat nyaman bersama keong sejenis, begitu juga sebagian besar ikan kecil dalam tank. keong assassin juga tampaknya bergaul dengan ikan dasar seperti Cory Catfish dan juga pemakan alga yang halus seperti Otocinclus catfish. keong assassin nampaknya berbaur dengan keong air tawar kecil dan keong Emas Asia yang lebih besar, juga dengan Udang Viper, Udang Bambu, Udang Amano, dan Udang Hantu. Tapi saat menjaga keong assassin di dalam tank dengan udang air tawar, pastikan udangnya lebih besar dari Keong Assassin.

Hindari memelihara keong assassin dengan ikan kasar seperti Cichlids, lobster air tawar, Goldfish atau pasangan tank lainnya yang mungkin melukai atau memakannya. Seperti biasa, jika ada pertanyaan mengenai keong assassin dan kondisi tank, pastikan untuk bertanya dengan petugas toko sebelum membeli.
Share:

2 komentar:

Ade said...

Klo keong assasin di campur dengan keong turbo/tanduk,, kira" bakalan di makan juga ga sama keong assasin ???

aquascape batang said...

pengalaman saya waktu punya tank 60cm dengan banyak sekali keong hama, saya memasukkan keong assassin sebanyak 5 ekor. efektif untuk menghabiskan keong hama. disana juga ada keong turbo dengan ukuran yang cukup besar dan aman. kemungkinan keong assassin tidak berminat memangsa keong yang ukurannya besar.
tapi harus berhati-hati, jangan terlalu banyak memasukkan keong assassin ke dalam tank, mengingat beberapa kasus keong assassin juga bisa memangsa udang, bahkan ikan kecil.

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers