sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Monday, 3 July 2017

mengenal keong tanduk - si tukang bersih-bersih




Horned Nerite Snail (keong tanduk)

Clithon corona


keong tanduk dinamai karena mereka memiliki tanduk yang menonjol keluar dari cangkangnya. Keong ini memiliki warna belang dengan garis hitam dan kuning yang melingkar. Cangkang keong tanduk sangat kokoh dan tanduknya adalah mekanisme pertahanan yang baik. Tanduk mereka bahkan bisa menusuk tangan manusia apabila penanganannya tidak benar. Keong ini adalah makhluk yang sangat jinak dan tidak mengganggu penghuni tank lainnya.

Satu kelemahan pada keong tanduk, dan berlaku untuk spesies nerit lainnya, adalah ketidakmampuannya untuk berkembang biak dalam air tawar murni. Keong tanduk membutuhkan air payau untuk berkembang biak dengan baik. Beberapa penghobi telah berhasil membiakkan keong jenis nerite namun nampaknya keong muda tidak dapat bertahan terlalu lama. Beberapa orang mungkin menganggap ini sebagai nilai tambah, artinya keong tanduk tidak akan memenuhi tank dan menjadi hama di akuarium.

Penampilan
keong tanduk adalah keong yang terkecil dari jenis Nerite. Ukuran rata-rata kira-kira berdiameter 1/4inci, tapi beberapa spesimen yang lebih tua bisa mencapai diameter 1/2 inci. Ukurannya yang kecil tidak mengurangi keindahan dari keong ini. Keong tanduk memiliki warna belang hitam dan kuning yang indah. Saat keong tumbuh dewasa, warna garis-garis hitam dan kuning menjadi lebih lebar. warna belang muncul bahkan saat keong masih kecil. Ada variasi warna lain dari keong tanduk, beberapa dengan pola menarik dan warna belang yang berbeda.


Tanduk
Tanduk dari keong tanduk tampak acak dan tidak mengikuti pola penentuan posisi tertentu. Yang menentukan ukuran dan posisi tanduk tidak diketahui. Juga tidak diketahui apakah tanduk itu terus tumbuh lebih lama seiring usia siput. Tanduk biasanya muncul di depan dan / atau belakang cangkangnya. Meskipun daerah di mana tanduk muncul berasal dari pertumbuhan yang lebih tua, tanduk masih bisa meluas. Harus diperhatikan supaya tidak memegang keong tanduk terlalu keras agar tidak merusak kulit.

Makanan
Meskipun keong tanduk kecil, kemampuan makan ganggang/alganya luar biasa. keong ini akan membersihkan kaca tank anda hingga bersih dan juga membersihkan ganggang/alga dari bebatuan dan bahkan daun. Ukurannya yang kecil merupakan keuntungan besar bagi mereka yang ingin membersihkan ganggang dari dedaunan. The Horned Nerite Snail sangat ringan dan tidak akan jatuh dari daun saat memakan alga. Dianjurkan juga untuk memberi makan wafer alga untuk keong tanduk atau makanan sejenis untuk melengkapi makanan karena bisa saja alga dalam tank habis dimakannya.

Tingkah laku
keong tanduk dapat cenderung lepas dari tank dan berjalan keluar dari tank. Keong ini dianggap sebagai keong yang bisa hidup di luar air yang lembab. Ambil mereka dan masukkan kembali ke dalam tank. Keong tanduk akan bertahan selama mereka belum keluar dari tangki terlalu lama. Dianjurkan untuk mengawasi mereka dan melihat-lihat tank sesekali. Diperkirakan saat keong ini tidak nyaman karena parameter air yang tidak sesuai, dia akan keluar dari tank, tapi tidak akan terjadi jika mereka merasa nyaman.



planetinverts.com

Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers