sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Thursday, 13 July 2017

mengenal keong trumpet dari malaysia - si tukang sembunyi

Hewan peliharaan atau hama? Sebuah status yang dipertanyakan

Keong Trumpet Malaysia dapat disebut Malaysian Burrowing Snails, Malaysian Live Bearing Snails, Malaysian Sails, MTS, Trumpet Snails, or simply Trumpets. Untuk mempermudah kita sebut saja keong trumpet.

Sebagai hewan peliharaan: keong trumpet merupakan hewan peliharaan yang menarik untuk beberapa penghobi. Di bawah kondisi yang tepat, keong trumpet bisa menjadi aset bagi lingkungan perairan. Hal ini terutama terjadi pada tank aquascape. keong trumpet begitu umum dijual di took aquascape. Jika membeli Trumpet Snails, carilah keong yang tampak bergerak atau menempel pada benda yang permukaannya keras. Hindari keong yang tergeletak tanpa bergerak atau terbalik di dasar tangki. Juga hindari membeli keong yang dipelihara di tank yang ada ikan mati, sekarat atau berpenyakit. Selain membeli, tanpa disadari terkadang keong trumpet bisa muncul secara tiba-tiba di tank aquascape.

Sebagai hama: Bagi beberapa penggemar, Keong Trumpet adalah hama yang tidak diinginkan, karena keong ini bisa membuat ledakan populasi. Mereka cepat bereproduksi dan jumlahnya bisa meningkat dalam waktu singkat. Keong Trumpet dapat menemukan jalan mereka ke dalam tank secara tidak sengaja, mereka dapat menumpang pada tanaman aquascape. Apakah Keong Trumpet dianggap hewan peliharaan atau hama tergantung pada masing-masing penghobi dan tank yang ingin mereka rawat.

Keong Trumpet: Galeri Foto




Perawatan Keong Trumpet

Ukuran dan Warna cangkang: Keong Trumpet memiliki cangkang memanjang yang menyerupai trompet kerucut. Cangkangnya berbentuk kerucut dan berkontur seperti bor. cangkangnya cukup keras dan memiliki corak dengan warna mulai dari coklat, abu-abu dan krem. Dalam kondisi yang tepat mereka dapat tumbuh sekitar satu inci. Cangkang Keong Trumpet bisa mencapai diameter penghapus pensil. Keong Trumpet membutuhkan Kalsium untuk pertumbuhan cangkang yang sehat, jadi pastikan kalsium tersedia dalam makanan mereka.

Masa Hidup: Secara umum, Keong Trumpet hidup sekitar satu tahun. Mereka bisa hidup lebih lama di bawah kondisi yang benar dan dengan keberuntungan. Jika Keong Trumpet mati di atas substrat, ia akan terbaring tak bergerak di dasar tangki. Jika mati saat terkubur substrat, mungkin tidak ada yang tau. Tentunya saat keong ini mati, harus cepat dibuang dari tank agar parameter air terjaga. Namun, beberapa penggemar memilih untuk meninggalkan cangkang Keong Trumpet yang kosong di dalam tank dan membiarkan mineral dari cangkang keong larut kembali ke dalam air.

Filter: Kadang, filter aquarium yang kuat bisa berbahaya atau fatal bagi Keong Trumpet. Cangkang kecil mereka bisa tersedot oleh arus air dan mereka bisa terjebak dalam filter. Tarikan air bisa sangat kuat dan mereka bisa mati menempel pada lubang filter. Begitu banyak penggemar memilih untuk menutupi filter dengan spons untuk membantu menjaga keong tetap aman.

Ukuran Tangki: Salah satu hal terbaik adalah perawatan keong Trumpet itu mudah dan tanpa susah payah. Keong Trumpet bisa tinggal di tank kecil seperti tank 15 atau 30 liter atau tank yang lebih besar juga. Ingatlah bahwa mereka adalah organisme hidup yang menghasilkan kotoran dan akan menambah zat merugikan di air. Jadi perhatikan batasan tank dan hindari terlalu banyak keong ini.

Parameter Air: Keong Trumpet tampaknya membutuhkan sedikit perhatian. Selama kondisi tank benar, mereka akan berkembang di tank yang sudah mature tanpa banyak usaha. Keong Trumpetdapat hidup dengan baik dalam berbagai parameter air.

Aquarium pH : 7.0 - 7.5
Suhu Air : 70 - 78 Derajat Fahrenheit
Pencahayaan : bisa hidup dengan pencahayaan apapun

Perawatan Keong Trumpet sama dengan merawat keong dan udang lainnya. Penting sekali untuk menguji air tank. Pastikan kadar Amonia dan Nitrit tetap pada 0 ppm, dan kontrol kadar nitrat serta penumpukan bahan organik dengan perubahan air secara mendadak. Berhati-hatilah saat menggunakan pupuk tanaman dan obat-obatan karena beberapa kandungannya mungkin berbahaya bagi Keong Trumpet. Yang terpenting, hindari tembaga, karena meski dalam jumlah kecil, tembaga bisa berakibat fatal.

Makanan Keong Trumpet: Habitat & Perilaku
Keong Trumpet menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah substrat. Mereka menggali substrat untuk mencari bahan makanan yang telah terkumpul di dasar tank. Saat lampu tank padam, Keong Trumpet bisa terlihat bergerak naik dari substrat untuk menjelajahi permukaan substrat. Keesokan harinya, keong ini menggali kembali untuk menghabiskan waktu terkubur dalam substrat. Keong trumpet sangat menyukai area gelap.

Sumber Makanan: Keong Trumpet menyukai makanan sisa, termasuk makanan ikan yang belum dimakan, serpihan ikan, pellet tenggelam, dan wafer alga. Mereka juga menikmati segala macam sisa, detritus dan alga lunak yang tumbuh di permukaan yang keras. Keong Trumpet menikmati tank dengan banyak tanaman hidup. Tanaman hidup terus menumpahkan bahan yang dapat menambah makanan alami keong. Keong Trumpet sepertinya tidak tertarik untuk makan tanaman hidup, hanya sisa tumbuhan mati saja.

Reproduksi: Keong Trumpet berkembang biak dengan sangat cepat dan dalam jumlah banyak, terutama jika makanan berlimpah. semakin banyak makanan yang ada, semakin banyak pula Keong Trumpet akan bereproduksi. Salah satu cara para penggemar mengendalikan populasi Keong Trumpet adalah dengan membatasi tingkat makanan dalam jangka panjang.

Pasangan Keong Trumpet dalam tank

Keong Trumpet aman dan harus berada dalam tank dengan pasangan tank yang tidak agresif. Keong Trumpet dapat hidup berdampingan dengan Mystery Snail, Nerite Snail, Red Ramshorn Snails, Gold Inca Snail, Ivory Snails dan tentu saja jenis lainnya. Keong terompet juga bisa berbaur dengan baik dengan udang seperti Udang Bambu dan Udang Vampir, udang pemakan alga sepertiudang Amano, udang hantu (Ghost Shrimp), dan udang Red Cherry. Ikan yang tenang seperti Cory Catfish dan Otocinclus Catfish juga merupakan teman yang baik untuk Keong Trumpet. Jika ada pertanyaan mengenai teman tank, tanyakan kepada petugas di toko sebelum membeli.
Share:

2 komentar:

Anonymous said...

Kalau di Jakarta, belinya di mana?

Anonymous said...

ini banyak muncul di substrate saya, dan jadi seperti hama

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers