sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Monday, 3 July 2017

mengenal keong turbo - memakan alga dengan cepat



Zebra Nerite Snail (keong turbo)
Neritina natalensis sp. "Zebra"

Zebra Nerite Snail adalah salah satu keong nerite paling populer bagi para penghobi. Dikenal juga dengan sebutan keong turbo. Memiliki cangkang emas yang indah dengan garis-garis belang hitam bergerigi. Ini adalah salah satu jenis nerite yang lebih besar dengan ukuran mulai dari 1/2 inci sampai satu inci penuh. Saya sudah melihat beberapa yang agak besar.

Pembiakan
Sama seperti keong tanduk, keong ini memiliki kelemaha yaitu ketidakmampuannya untuk berkembang biak dalam air tawar murni. Zebra Nerite Snail membutuhkan air payau agar bisa berkembang biak dengan baik. Beberapa orang mungkin melihat ini sebagai nilai tambah, yang berarti bahwa Zebra Nerite tidak akan memenuhi tank dan menjadi hama lain di akuarium.

Penampilan
Zebra Nerite Snail biasanya berwarna hitam dan emas, atau terkadang berwarna warna emas-kuning kehijauan. Pola pewarnaannya bukan melingkar melainkan warna belang memanjang dari ujung depan hingga belakang.


Makanan
Zebra Nerite Snail lebih besar dari keong tanduk, namun memiliki makanan favorit yang sama yaitu ganggang/alga.dengan ukuran yang lebih besar, maka kemampuan makan ganggang keong ini lebih baik. Karena kemampuannya inilah keong ini juga disebut keog turbo. keongini akan membersihkan kaca tank anda hingga bersih dan juga membersihkan ganggang dari bebatuan dan bahkan daun. Banyak penghobi membeli Zebra Nerite Snail lebih karena kemampuan makan ganggang daripada penampilan visualnya. Dianjurkan agar Anda melengkapi makanan mereka dengan wafer alga atau jenis makanan sejenis karena keong ini akan kelaparan jika hanya memakan alga di dalam tank. Spesies ini juga lebih besar dari jenis nerite lainnya dan tidak akan bisa memakan ganggang dari daun kecil karena beratnya.

Tingkah laku
Zebra Nerite Snail dapat cenderung lepas dari tank dan berjalan keluar dari tank. Keong ini dianggap sebagai keong yang bisa hidup di luar air yang lembab. Ambil mereka dan masukkan kembali ke dalam tank. Zebra Nerite Snail akan bertahan selama mereka belum keluar dari tangki terlalu lama. Dianjurkan untuk mengawasi mereka dan melihat-lihat tank sesekali. Diperkirakan saat keong ini tidak nyaman karena parameter air yang tidak sesuai, dia akan keluar dari tank, tapi tidak akan terjadi jika mereka merasa nyaman.


Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers