sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 1 July 2017

mengenal red cherry shrimp - udang hias paling populer


Red Cherry Shrimp
Neocaridina Heteropoda var. Red


Pendahuluan
Red Cherry Shrimp tidak diragukan lagi merupakan udang yang paling populer bagi para penghobi karena kemampuannya yang relatif mudah untuk berkembang biak dan juga kemampuannya untuk hidup dalam berbagai parameter air. Sebagian besar scaper pemula memulai memelihara udang dengan spesies ini karena persyaratannya mudah, banyak penjual dan harganya terbilang paling murah. Setelah memperoleh pengalaman dengan memelihara Red Cherry Shrimp, kebanyakan penggemar beralih ke spesies yang lebih sulit seperti Tiger Shrimp dan Crystal Red Shrimp.

Udang pemula
Saya sangat menyarankan agar scaper pemula yang ingin memelihara udang memulai dengan Red Cherry Shrimp. Udang ini cocok sekali untuk pemula, bahkan dengan perawatan sederhana udang ini bisa berkembang dengan baik. Beberapa kesalahan yang menyebabkan kematian udang bisa diatasi karena kemampuan mereka untuk segera berkembang biak. Tentunya Anda juga tidak ingin membuat kesalahan dengan spesies lain yang lebih mahal kan. Red Cherry Shrimp adalah udang yang paling murah dalam aquascape.

Background
Red Cherry Shrimp adalah spesies yang dibesarkan secara selektif, yang berarti bahwa pewarnaan merah perlahan dibesarkan dari varietas liar. Seorang peternak, yang tidak diketahui, perlahan-lahan membesarkan sifat merah dari Neoparidina Heteropoda untuk mendapatkan pewarnaan merah. spesies asli udang ini hanya sedikit warna merah pada tubuhnya, namun dengan perkawinan selektif maka terjadi keturunan warna merah pada keseluruhan tubuhnya. Dalam foto di bawah ini perhatikan jumlah kecil warna merah pada tipe liar. Anda hampir tidak bisa melihat bintik merah. Juga perhatikan pelana hijau.

Wild Neocaridina Heteropoda Female

Parameter Air

Red Cherry Shrimp dapat dipelihara dalam berbagai parameter air. Saya memeliharanya dalam kisaran pH dari 6,0 sampai 8,0, suhu dari 72F/22C sampai 84F/29C dan di banyak substrat yang berbeda seperti ADA Aquasoil dan kerikil normal. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Red Cherry Shrimp dapat hidup di hampir semua akuarium air tawar, tentunya tank tersebut layak huni dan tidak mengandung predator bagi udang. Beberapa bahkan telah melaporkan menempatkan mereka di kolam dan tank tanpa filter, namun saya tidak merekomendasikan. Dengan kata lain, Red Cherry Shrimp adalah udang terkuat dalam aquascape.

Makanan
Memberi makan Red Cherry Shrimp juga mudah karena hampir semua jenis makanan udang / ikan bisa digunakan. Mereka makan apa saja dari bayam, zucchini, wafer alga, pelet udang, serpih ikan, cacing darah, dan lain-lain. Pemberian makan dengan teratur adalah kunci agar Red Cherry Shrimp Anda berkembang biak dengan baik. Jika koloni Red Cherry Shrimp sehat maka ia akan terburu-buru menuju makanan dan saling meloncat dalam usaha untuk mengambil makan, hampir seperti semut. Jika mereka mengerumuni makanan itu merupakan pertanda bagus, dan jika Anda melihat banyak bayi udang, itu adalah pertanda bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik.


Pemberian makan paling baik dilakukan sekali sehari. Beri saja pakan sejumlah makanan agar udang bisa selesai dalam 2-3 jam maksimal. Tidak baik memberi makan berlebihan dan makanannya terlalu lama. Overfeeding adalah penyebab kematian yang diketahui dan juga dapat menyebabkan masalah kualitas air. Ingat bahwa udang adalah pemulung di alam liar. Mereka akan makan apapun yang mereka temukan dan tidak terbiasa dengan sumber makanan konstan. Tidak makan selama satu atau dua hari baik-baik saja dan sama sekali tidak akan membahayakan spesies ini. Terkadang saya tidak memberi makan mereka selama beberapa hari untuk membiarkan udang membersihkan sistem pencernaan mereka dan menjaga agar air tetap bersih pada waktu bersamaan.

Pembiakan

Red Cherry Shrimp sangat produktif, artinya mereka berkembang biak dengan mudah dan hampir sepanjang waktu. Koloni yang sehat akan cepat berkembang biak dan betina akan terus hamil. Biasanya 30-45 hari dari kehamilan sampai menetas. Cara terbaik untuk mengetahui betina yang sudah akan menetas adalah dengan munculnya satu set mata di setiap butir telur. Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan munculnya pelana baru saat betina masih memiliki telur. Munculnya pelana adalah indikasi bahwa betina siap untuk memiliki satu set telur baru dan telur saat ini mendekati waktu penetasan. Silakan lihat foto di bawah ini untuk melihat telur Red Cherry Shrimp yang sudah memiliki mata.


Telur dengan mata

bayi red cherry shrimp

Jenis kelamin
Membedakan jenis kelamin Red Cherry Shrimp sangat mudah. Betina mudah dikenali karena lebih besar dari pada jantan, memiliki pewarnaan merah yang jauh lebih gelap, dan juga memiliki perut yang melengkung. Pada foto di bawah ini Anda bisa melihat bagaimana si pria lebih kecil, warnanya sangat sedikit merah dan "di bawah perut" adalah garis lurus tanpa bentuk melengkung. Setelah memelihara Red Cherry Shrimp, pasti anda akan dengan mudah membedakannya.

perbandingan dang red cherry jantan dan betina

Betina juga akan memiliki "pelana" yang merupakan nama umum telur yang masih berada di ovarium, berada di belakang kepala di bagian atas bagian bawah. Ini disebut pelana karena penampilannya yang seperti pelana pada punggung kuda. Sebagian besar "pelana" berwarna kuning, namun warnanya juga hijau. "pelana" adalah tanda kematangan seksual sekaligus pertanda segera terisi telur. Teori mengapa pelana berwarna hijau didasarkan pada fakta bahwa Neocardina Heteropoda liar memiliki pelana hijau. Diperkirakan bahwa pelana hijau muncul kembali karena genetika tipe liar.

Telur Red Cherry Shrimp kebanyakan berwarna kuning tapi bisa berwarna hijau juga. Jika pelana berwarna hijau maka telur akan berwarna hijau dan sebaliknya. Tidak ada perbedaan antara telur kuning atau telur hijau dan juga bukan indikator kesehatan. Silakan lihat foto di bawah ini untuk berbagai warna pelana dan telur di Red Cherry Shrimp. Foto udang ini dengan telur kuning bisa ditemukan di bagian atas halaman.

Betina dengan pelana kuning


Betina dengan pelana hijau


Betina dengan telur hijau

source: planetinverts.com

Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers