sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 21 July 2017

mengenal tanaman anubias

Anubias Barteri: Jenis Tanaman, Perawatan, Perkembangan & Alga


Anubias Barteri adalah salah satu tanaman aquascape yang populer dan mudah dirawat. Anubias Barteri cukup tahan banting, jadi sangat bagus untuk pemula. Anubias Barteri terkenal karena rizomenya (rimpang) yang tebal, struktur akar yang kuat dan daun hijau yang terlihat subur. Bergantung pada jenisnya, Anubias Barteri dapat dijadikan tanaman foreground yang besar, midground atau bahkan tanaman background.


Membeli Anubias Barteri: Yang Harus Diperhatikan


Tanaman anubias dijual dengan beberapa cara yang berbeda. Anubias sering dijual sebagai tanaman bareroot, yaitu tanaman yang hanya diletakkan di tank tanpa media tanam apapun. Tanaman anubias juga bisa dijual dalam pot plastik kecil. Selain itu, tanaman Anubias dapat juga dilekatkan pada hal-hal seperti lava rock, kayu, atau hiasan lainnya. Saat membeli Anubias Barteri, carilah tanaman dengan daun hijau subur, rizome tebal dan akar yang sehat. Usahakan tidak memilih tanaman yang sudah terlihat rusak atau daun yang patah, atau daun yang berlubang. Selain itu, usahakan tidak membeli tanaman yang memiliki alga yang tumbuh di atasnya.

Anubias Barteri Pictures Gallery




Jenis Tanaman Anubias: Banyak Varietas


Ada banyak jenis tanaman anubias yang berbeda di pasaran. Karena banyaknya jenis, para penghobi menyebut jenis tanaman anubias sebagai “anubias barteri var. . . .” ( kata var. berarti varietas, dan titik-titik diisi dengan jenis anubias). Misalnya yang sering dijumpai dipasaran: anubias barteri var. nana, anubias barteri var. barteri, anubias barteri var. glabra, dll.


Anubias Coffeefolia: Tanaman Foreground hingga Midground

Anubias Hastifolia: Tanaman midground hingga background

Anubias Nana: Tanaman Foreground


Perawatan Anubias Mudah


Perawatan anubias yang sehat melibatkan tiga faktor: parameter air, kebutuhan pencahayaan dan metode penanaman. Perawatan anubias cukup mudah, menjadikannya tanaman yang baik bagi para pemula. Anubias bisa hidup dengan baik dalam tank dengan ukuran atau bentuk apapun.

Parameter Air: Salah satu alasan perawatan anubias mudah adalah karena kondisi air yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi tank pada umumnya:

Aquarium pH: 6.5 - 7.8
Suhu Air: 72 - 78 Derajat Fahrenheit (22-26 Derajat Celcius)
Ukuran Tangki yang Tepat: Kecil sampai Besar

Pencahayaan: Alasan lain perawatan anubias mudah adalah karena kebutuhan pencahayaannya sederhana. Anubias Barteri bisa berkembang di berbagai macam kondisi pencahayaan mulai dari cahaya rendah sampai tingkat cahaya yang lebih tinggi. Dalam tank dengan pencahayaan rendah, berarti 1,8 sampai 3 watt per galon (1watt/3liter), tanaman anubias akan tumbuh perlahan. Pada tingkat pencahayaan yang lebih tinggi, tanaman anubias bisa tumbuh lebih cepat, namun juga akan lebih rentan terhadap pertumbuhan alga di bagian atas daunnya.

Metode Penanaman: Tanaman anubias dapat tumbuh di kerikil akuarium, substrat akuarium, menempel di bebatuan, kayu apung, atau hiasan. Walaupun kerikil akuarium bisa digunakan, tanaman anubias nampaknya jauh lebih baik bila ditanam di substrat kaya gizi atau menempel pada batuan berpori atau kayu apung. Kalau saya lebih suka jika anubias ditanam di batu, namn pupuk cair harus rutin diberikan. tips lain berkaitan dengan penanaman anubias, Saat menanam Anubias Barteri dilarang mengubur rizomenya karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Budidaya Anubias: Saat anubias sudah mulai dewasa, anubias sudah bisa diperbanyak. Ambil tanaman dari air. Hati-hati menggunakan pisau tajam, potong rizome menjadi dua atau lebih potongan, pastikan untuk meninggalkan setidaknya tiga atau empat daun yang sehat pada setiap rizome baru. Juga pastikan untuk tidak merusak akar dalam proses. Tanam potongan baru kembali ke substrat dengan mengingat jangan mengubur rizomenya.

Daun Anubias dan Alga



Karena tanaman Anubias tumbuh lamban dan daun kaku, anubias tidak akan banyak bergerak di dalam air, daun Anubias adalah tempat yang ideal bagi alga untuk tumbuh. Jadi, lebih baik untuk menanam tanaman Anubias di daerah tank yang agak teduh. Menanam tanaman Anubias di bawah tanaman seperti Brazilian Pennywort atau Water Sprite bisa memberi keteduhan. Sebaiknya juga menaman Anubias di daerah di mana arus air bergerak moderat.

Pertumbuhan Alga


Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers