sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Sunday, 2 July 2017

mengetahui kebutuhan pupuk mikro dan makro aquascape

Menambahkan pupuk di dalam tank aquascape bisa menjadi hal yang membingungkan untuk dilakukan bagi banyak pemula. Ada banyak produk yang bisa dipilih tapi hanya sejumlah informasi tentang jenis pupuk yang benar-benar Anda butuhkan.

Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menentukan jenis pupuk yang Anda butuhkan, atau jika Anda benar-benar membutuhkannya. Agar tanaman Anda tumbuh sehat, perhatian utama Anda haruslah tingkat pencahayaan dan nutrisi di dalam tangki Anda. Jika Anda berpikir bahwa tanaman di dalam tank Anda memerlukan sedikit bantuan dalam pertumbuhannya, itulah saatnya Anda membutuhkan pupuk. Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menambahkan sejumlah pupuk adalah jumlah pencahayaan yang diterima tanaman Anda. Sistem tank yang berbeda membutuhkan tingkat kebutuhan pupuk yang berbeda.

Hal terpenting berikutnya yang dibutuhkan tanaman Anda adalah CO2 atau karbon dioksida. Tingkat CO2 yang dibutuhkan oleh tanaman air Anda bergantung pada intensitas dan jumlah pencahayaan yang Anda berikan. Pada dasarnya, tank dengan kebutuhan cahaya ringan hingga menengah bisa saja hanya membutuhkan sedikit atau tanpa injeksi CO2. Saat Anda masuk ke setup aquascape dengan cahaya tinggi, Anda memerlukan injeksi CO2 untuk menjaga keseimbangan CO2 dengan udara.

Kami membagi suplemen menjadi 2 kategori utama - mikronutrien atau trace element dan macronutrients. Berikut penjelasannya:

Macronutrients (NPK)

Nitrogen (N)
Nitrogen biasanya dipasok melalui amonia, nitrat dan nitrit. Senyawa ini semuanya ditemukan di semua tank dengan ikan di dalamnya. Nitrogen adalah salah satu nutrisi pertama yang perlu Anda tanam untuk aquascape Anda. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk cair seperti Seachem Nitrogen atau bubuk kering.

Tingkat ideal Nitrogen untuk tanaman Anda adalah sekitar 10 - 20 ppm. Kekurangan nitrogen akan berdampak negatif pada tanaman Anda. Menguningnya daun dalam pertumbuhan tanaman baru merupakan salah satu tanda kekurangan Nitrogen.

Fosfor (P)
Fosfor adalah salah satu makronutrien terpenting bagi kesehatan tumbuhan. Saat diletakkan di dalam tank, umumnya berbentuk Fosfat (PO4). Namun, Fosfat memiliki efek berbahaya pada kehidupan akuatik sehingga kadar fosfat Anda tetap rendah menjadi prioritas utama. Biasanya, ini adalah macronutrient terakhir yang perlu Anda tambakan karena PO4 ditemukan di banyak makanan sisa makanan dari ikan. Sisa makanan lebih dari cukup untuk memberi nutrisi bagi tanaman.

Dosis fosfor direkomendasikan untuk setup aquascape cahaya tinggi. Setup cahaya rendah sampai sedang tidak benar-benar membutuhkan banyak fosfor karena kelebihan nurisi ini akan mempercepat pertumbuhan alga. Fosfor ditambahkan melalui bentuk pupuk cair seperti Seachem Fosfor. Ini juga tersedia dalam bentuk bubuk seperti Monopotassium Phosphate. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, kadar fosfor haruslah rendah, sebaiknya pada kisaran 1 - 2 ppm. Jika Anda memiliki tanaman yang lebih sensitif, disarankan agar tetap menurunkan kadar fosfor sampai 0,5 ppm.
Defisiensi fosfor, seperti defisiensi nitrogen, akan muncul seperti menguningnya daun dalam pertumbuhan tanaman.

Kalium (K)
Kalium adalah makronutrien terakhir dalam daftar ini. Ini bukan nutrisi berbahaya bagi kehidupan akuatik sehingga tidak ada salahnya menambah dosis kalium pada tank Anda. Tingkat potasium yang diinginkan sekitar 10 - 20 ppm namun karena sifatnya yang tidak berbahaya, Anda bisa menambahkan dosisnya lebih tinggi dari itu tanpa masalah. Meskipun Anda dapat menguji tingkat kalium untuk memastikan jumlahnya benar, lebih mudah memberi dosis lebih dari cukup untuk memastikan kebutuhan tanaman Anda tercukupi.

Kalium ini tersedia dalam bentuk pupuk cair seperti Seachem Potassium atau bubuk kering dari Kalium Sulfat. Kekurangan kalium akan terlihat jelas seperti menguning dan membentuk lubang kecil di tepi daun.

Micronutrients

Ada banyak senyawa organik dan anorganik dan elemen yang dibutuhkan oleh tanaman air agar tetap sehat dan terus bertumbuh. Elemen atau senyawa ini dibutuhkan namun kurang konsentrasi dibandingkan dengan macronutrients. Kami menyebut mereka sebagai unsur mikronutrien. Nutrisi ini termasuk magnesium, tembaga, besi, mangan, molibdenum, seng, kobalt, dan banyak lagi. Mikronutrien ini dapat ditambahkan dalam bentuk cair, bubuk kering atau bahkan tablet


Dosis nutrisi
Dosis juga muncul setiap kali kita berbicara tentang suplemen gizi. Pada dasarnya, dosis dilakukan untuk meningkatkan kadar gizi aquascape Anda dalam kisaran yang sesuai. Dibawah ini akan dibahas metode penambahan dosis nutrisi yang paling umum untuk aquascape. Untuk menentukan metode dosis yang ideal untuk aquascape Anda, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Metode Estimative Index (EI) Dosing
Estimasi Indeks Dosis adalah metode dosis yang populer dan sangat mudah. Hal ini dilakukan dengan memberi dosis masing-masing makro bersamaan dengan campuran mikro setiap pergantian air setiap minggu. Pada akhir setiap minggu, pergantian air sebanyak 50% dilakukan untuk membagi nutrisi tank menjadi dua. Setelah itu, Anda menambahkan lagi pupuk sesuai dosis. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga semua nutrisi di dalam tank.

Metode Target Dosing
Dosis target adalah metode yang mengharuskan Anda untuk menguji air Anda untuk unsur-unsur seperti Nitrat, Kalium, Fosfat, Besi atau Kalsium. Jika anda sudah mengetahui kadarnya, maka anda akan tahu seberapa banyak nutrisi yang harus anda tambahkan ke dalam tank.

Metode PPS Pro Dosing
PPS (Perpetual Preservation System) Pro Dosing sangat popular untuk aquascape. Metode ini mengharuskan pemberian dosis nutrisi setiap hari dengan menghitung kebutuhan nutrisi untuk 24 jam. Ini adalah cara yang bagus untuk menghindari kelebihan nutrisi karena Anda hanya menyediakan nutrisi untuk satu hari. Kerugian untuk metode ini adalah Anda harus melakukan dosis setiap hari dan melakukan pengukuran untuk memastikan bahwa Anda memasukkan nutrisi dalam jumlah ideal.

Dibawah ini ada beberapa produk penambah nutrisi bagi tank berupa pupuk cair. (bukan iklan)







Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers