sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 16 September 2017

Mengenal anubias barteri var. cofeefolia

'Anubias Barteri Var.Coffeefolia'

Anubias adalah tanaman aquascape favorit saya. Anubias memiliki banyak sekali varian, salah satunya adalah Anubias Barteri Var Coffefolia. Seperti halnya Anubias lain, Coffefolia juga memiliki sifat tahan banting dan mudah perawatannya. Tanaman ini banyak ditemui di Afrika di mana ia tumbuh di sungai, muara dan rawa. Tanaman ini memiliki daun hijau tua dan sangat tebal yang bisa berbentuk elips, segitiga, bulat atau berbentuk hati (seperti daun pohon kopi). Anubias Coffefolia cocok untuk aquascape atau paludarium.

Latar Belakang

Anubias Coffeefolia telah lama dikenal sebagai tanaman aquascape dan nama awalnya adalah Anubias barteri 'Coffeefolia' atau 'Coffeifolia'. Kemudian dijelaskan pada tahun 2010 sebagai varietas 'var. cofeefolia 'oleh penulis tanaman akuarium Christel Kasselman. Saat ini ada enam varietas Anubias barteri yang sangat populer, yaitu Anubias barteri var coffeifolia, Anubias barteri var. angustifolia; Anubias barteri var. barteri, Anubias bartery var. caladiifolia, Anubias barteri var. glabra dan Anubias barteri var. nana. Diantaranya Anubias bartery var. coffeifolia sangat populer sebagai tanaman akuarium. Tanaman ini mendapat namanya dari fakta bahwa daun yang baru tumbuh berwarna coklat muda dan berubah menjadi hijau tua seiring bertambahnya umur dan menyerupai daun pohon kopi.

Pemeliharaan dan perawatan

Anubias coffeefolia banyak digemari karena pertumbuhan dan kemudahan perawatannya yang unik. Tumbuh dengan baik di tank pemula dan bisa bertahan tanpa tambahan suplementasi CO2. Bisa tumbuh di substrat yang berbeda seperti kerikil dan pasir. Sangat cocok untuk tank dengan pencahayaan rendah dengan 0,25 W per liter air. Mikronutrien harus dipasok untuk pertumbuhan yang tepat. Jika ada kekurangan mikronutrien maka tanaman akan terpengaruh dan daunnya menjadi pucat. Dalam hal ini kadar fosfat harus diberikan sampai 2 mg per liter air. Tangki harus memiliki parameter air yang sesuai dengan pH 5,5-9,0, kekerasan 3,0-7,0 dan suhu 68-86F (20-30C). Tanaman ini secara alami tumbuh lambat dan tumbuh baik dalam kondisi bawah air. Tanaman ini lebih suka diikat dengan sepotong kayu apung atau batu. Rizome tidak boleh dikubur di substrat. Anubias ini dapat menghasilkan bunga dan daunnya tidak akan dikaman ikan herbivora. Bagian tanaman yang sudah mati (seperti daun) harus dikeluarkan dari tank setiap hari agar lingkungan tank tetap sehat. Untuk menghindari pertumbuhan alga, periksalah bagian atas daun setiap hari.

Budidaya

Perbanyakan dilakukan dengan mudah dengan cara memotong rizome. Angkat tanaman keluar dari air dan potong rizome menjadi dua atau lebih potongan dengan menggunakan pisau tajam. Dalam hal ini setiap bagian harus mengandung setidaknya tiga atau empat daun besar. Tanam potongan ke substrat, Selama penanaman perawatan khusus harus dilakukan pada rizome dan akarnya. Rizome tidak boleh dikuburkan di bawah substrat, karena bisa membusuk dan mati. Rizome harus ditempelkan ke kayu atau batu menggunakan benang kapas atau pancing. Dalam kondisi tank optimal, setelah beberapa hari pemotongan baru menghasilkan akar dan menempel ke substrat sendiri dan mulai tumbuh.

Nama Scientific: Anubias barteri var. coffeefolia
Nama umum: Anubias Coffeefolia
Asal: Africa
Penempatan: Foreground atau Midground
Budidaya: Pemotongan Rhizome
Tinggi: 25-40 cm
Lebar: 10-15 + cm
pH: 5.5-9.0
Kekerasan air: 3.0-7.00 dGH
Suhu: 68-86F (20-30°C)
Pencahayaan: Rendah hingga tinggi
Pertumbuhan: sangat lambat Perawatan: sangat mudah





Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers