sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 15 September 2017

Mengenal Cryptocoryne crispulata var. balansae


Cryptocoryne crispulata var. balansae

Cryptocoryne Balansae adalah tanaman aquascape yang cukup mudah beradaptasi. Tanaman ini juga dikenal sebagai balansa plant atau hanya disebut Cryptocoryne. Tanaman Ini menyebar didaerah Thailand, Filipina, Sri Lanka, Bangladesh, India dan Indonesia. Ditemukan juga di daerah Laos, Vietnam, Cina selatan dekat perbatasan Vietnam. Di alam, ia hidup mendiami sungai yang berarus cepat dan sungai yang kaya kandungan kalsium karena batu gamping di tanah sekitarnya. Tanaman ini bisa tumbuh di bawah air. Dalam kondisi darat bisa menghasilkan bunga, sedangkan bila dibawah air berkembang biak dengan menggunakan sistem akar.


Background

Crypt adalah tanaman yang anggun dengan dedaunan hijau unik yang cocok untuk aquascape. Tanaman ini telah populer di akuarium sejak awal mula akuarium modern di abad ke-17. Tanaman ini masuk family Araceae. Nama genus 'Cryptocoryne' berasal dari kata Yunani 'krypto', yang berarti tersembunyi dan 'koryne', yang berarti tongkat, mengacu pada spadix tersembunyi di dalam struktur bunga. Di bawah genus 'Cryptocoryne', ada 58 spesies yang dikenali dan beberap spesies cocok untuk aquascape. Sinonim dari spesies ini adalah Cryptocoryne balansae Gagnep .; Cryptocoryne kwangsiensis H.Li; Cryptocoryne longispatha Merr. Dll.


Pemeliharaan dan perawatan

Cryptocoryne adalah tanaman tinggi dengan daun berkerut panjang dan mudah dirawat. Tanaman ini membutuhkan tingkat cahaya yang sedang dan memerlukan pupuk cair. Pencahayaan sebaiknya 2-3 watt per galon air (per 4liter air) menggunakan lampu spektrum penuh (5000-7000K) selama 11 jam setiap hari. Tangki harus memiliki substrat nutrisi yang kaya dengan banyak suplemen nitrat, fosfat, besi dan kalsium. Suplementasi kalsium harus dilakukan melalui substrat dengan tablet atau melalui air dengan menambahkan kalsium karbonat. Kekurangan kalsium menyebabkan daun baru tumbuh bengkok dan cacat. Substrat terbaik untuk tanaman ini adalah pasir kasar atau kerikil halus dengan ketebalan 4-5 cm. Tangki juga harus memiliki parameter air yang baik dengan pH 6,5-7,5; kekerasan 3-8 dGH dan suhu 24 - 28C (75,2 - 82,4F). Di bawah suhu rendah, ia tumbuh perlahan dan tidak mencapai ukuran maksimal. Suhu rendah (di bawah 18 0C) dapat menyebabkan kematian. Tank membutuhkan pergantian air mingguan untuk mempertahankan kadar nitrat rendah. Untuk mengendalikan pertumbuhan alga, ikan pemakan alga harus dimasukkan ke dalam tank. Dalam kasus ini, Bristlenose Plecos, guppies, Ancistrus, Swordtails, Gyrinocheilus aymonieri, Crossocheilus siamensis lebih sesuai untuk mengendalikan pertumbuhan alga. Hindari pemakan tumbuhan seperti dolar perak dan kebanyakan jenis plecos di akuarium Anda.

Cryptocoryne Balansae Di toko

Cryptocoryne balansae adalah tanaman air yang sangat baik untuk pemula maupun berpengalaman. Tanaman anggun ini telah menjadi salah satu yang paling populer di aquascape karena tekstur daun yang panjang dan warna hijaunya. Tanaman ini dapat dengan mudah diperoleh melalui toko online, toko akuarium lokal dan sesama penggemar. Jika Anda ingin membeli tanaman mengagumkan dan cantik ini secara online dari rumah, maka carilah penjual yang terpercaya.

Perambatan

Cryptocoryne balansae var. balansae dapat dengan mudah diperbanyak dengan tunas. Tunas harus dipotong menggunakan pisau tajam atau pisau cukur. Setelah memotong tunas cukup tanam ke substrat dan berikan kebutuhan dasar untuk pertumbuhan yang baik. Untuk propagasi (budidaya) yang tepat tanaman baru harus sudah memiliki daunnya sendiri sebelum dipisahkan dari tanaman induk. Di bawah kondisi darat, tanaman ini juga bisa bereproduksi melalui bunga tubular. Selama propagasi, tank harus memiliki pasokan cahaya ringan hingga medium, penambahan CO2 secara teratur, dan pupuk kaya zat besi.







Nama Sains: Cryptocoryne crispulata var. balansae
Nama umum: Balansae plant, Crypts
Asal: Asia tenggara
Penempatan: Mid-ground to background
budidaya: dengan tunas
tinggi: 60-90 cm (24-36 inch)
lebar: 12-20 cm (5-8 inch)
pH: 6.5-7.5
Kekerasan air: 3-8 dGH
Suhu: 24 – 28 0C (75.2 – 82.40F)
Pencahayaan: Sedang
Pertumbuhan: Medium
Level perawatan: Mudah
Share:

2 komentar:

Anonymous said...

Banyak artikel menarik, posting terus sob !!!

wiwik v said...

crypto balansae nya ready kah?

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers