sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 16 September 2017

mengenal rotala indica - ammania sp.bonsai



Rotala indica adalah tanaman stem yang sangat baik untuk aquascape. Rotala indica juga dikenal sebagai Indian toothcup. Tanaman ini adalah tanaman mid-ground ideal yang menambahkan hijau bagi tank. Tanaman ini ditersebar secara luas dari India ke Filipina, Sri Lanka, Vietnam, China dan Jepang. Sekarang telah diperkenalkan di daerah-daerah penanaman padi di Kongo (Afrika), Italia dan Portugal (Eropa), California dan Louisiana di Amerika Serikat. Di alam liar, ia mendiami tepi sawah dan di lokasi yang lembab. Tanaman ini adalah tanaman stem dan bisa tumbuh hingga permukaan air (tinggi mencapai 60cm).

Latar Belakang

Rotala indica pertama kali ditemukan oleh Koehne pada tahun 1881. Tanaman ini masuk family Lythraceae di bawah ordo Myrtales dari kelas Magnoliopsida. Spesies ini memiliki beberapa nama lain seperti Ameletia indica, Ameletia uliginosa, Ammannia peploides, Rotala elatinomorpha dll.

Pemeliharaan dan perawatan

Rotala indica adalah tanaman aquascape yang sangat bagus. Tanaman ini lebih menyukai kualitas air yang baik dengan pH 6,0-7,5, kekerasan 3-8 dGH dan suhu harus antara 72 - 82 ° F. Ini adalah tanaman aquascape yang relatif lemah dan memerlukan pencahayaan tinggi dan nutrisi mencukupi dengan injeksi CO2, ia tumbuh cepat dan menyebar di permukaan air. Untuk pencahayaan pertumbuhan optimal harus 3 sampai 5 watt per gallon (1gallon=3,8Liter) yang disediakan oleh bola lampu spektrum penuh (5000-7000K). Bisa ditanam langsung di dasar bawah akuarium. Substrat harus pasir biasa atau kerikil pasir kecil. Perlu dipangkas secara teratur agar bentuknya tetap menarik. Tanpa pemangkasan, tanaman ini akan terlihat lebat cocok untuk burayak ikan sebagai tempat sembunyi. Tank harus memiliki kadar nitrate (5mg/l), kadar fosfat tinggi (1,5-2 mg/l), dan dosis zat besi yang cukup dan teratur yang menghasilkan pewarnaan dan pertumbuhan yang kuat.

Budidaya

Rotala indica dapat dengan mudah menyebar dalam kondisi tank dengan perawatan yang tepat. Budidaya bisa dilakukan dengan memotong tanaman utama. Untuk budidaya sempurna, aqua soil powder adalah substrat ideal yang memungkinkan akar tumbuh lebih cepat dan mudah di dalam substrat. Selama budidaya, pupuk kaya zat besi, zat mikro dan penambahan CO2 biasa harus dilakukan. Setelah memotong bagian atas batang tanaman, tanam potongan ke dalam substrat dengan hati-hati agar batangnya tidak hancur. Akar muncul dalam waktu singkat dan Seiring waktu, ia akan menjadi tanaman yang lebat


Nama ilmiah: Rotala indica, ammania sp. bonsai
Nama umum: Indian toothcup
Asal: Asia tenggara
Penempatan: Mid-ground
Perawatan: Mudah
Budidaya: Potong batang 
Tinggi max: 60 cm
pH: 6.5-7.5
Kekerasan air: 3-8 dGH
Suhu: 72-82F
Pencahayaan: Sedang hingga tinggi
Pertumbuhan: Cepat
Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers