sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 9 September 2017

Red Goldflake Shrimp - Udang Sulawesi




Red Goldflake Shrimp
Caridina sp. "Red Goldflake"

Udang Red Goldflake adalah salah satu spesies yang menakjubkan dari Sulawesi, Indonesia. Udang ini adalah salah satu spesies terbesar dari Sulawesi dan juga dianggap salah satu yang terindah. Udang ini bukan spesies untuk pemula, dan sebaiknya harus banyak belajar jika ingin merawatnya.

Latar Belakang

Udang Red Goldflake berasal dari Sulawesi, Indonesia. Sulawesi adalah salah satu pulau yang ada di negara Indonesia. Udang Red Goldflake dapat ditemukan di salah satu danau di Sulawesi. (Saya sangat menyarankan agar Anda membaca artikel Ekspedisi Sulawesi untuk informasi lebih rinci tentang habitatnya. Ada juga foto bawah air dari sistem danau).

Parameter Air


Seperti halnya dengan semua Udang Sulawesi, sangat dianjurkan agar Anda memelihara Udang Red Goldflake dalam suhu minimal 78F/25C. Suhu yang lebih rendah bisa membunuh spesies ini. Sebaiknya pelihara spesies ini di dalam tank dengan air keras dan ph tidak kurang dari 7.0.

menurut saya Udang Red Goldflake berukuran lebih besar dari udang Sulawesi lainnya, sehingga dibutuhkan tank yang lebih besar. Udang tidak akan merasa nyaman jika tank mereka terlalu kecil. Saya merekomendasikan ukuran tank minimal 15 galon untuk spesies ini. Tidak lebih dari 15 udang per 15 galon (1udang/3,8Liter).

Banyak penggemar mencoba meniru lingkungan asli Udang Red Goldflake dengan menggunakan batu ber-alga sebagai hiasan. Ada juga yang menggunakan pecahan karang atau sejenisnya untuk meningkatkan kekerasan air. Pasir juga merupakan pilihan umum untuk digunakan di akuarium.

Pembiakan

Udang Red Goldflake telah berhasil dibudidayakan di penangkaran. Pembibitan dilakukan dengan air tawar murni, bukan air garam atau air payau. Betina dewasa membawa telur sampai menetas, menghasilkan udang mini. Betina membawa kira-kira 20-25 butir telur yang lebih banyak dari udang sulawesi biasanya. Dibutuhkan kira-kira 20-30 hari agar telur menetas. Bayi akan menunjukkan warna yang sama pada udang dewasa setelah menetas.

foto close up bayi Red Goldflake Shrimp.

foto bayi Red Goldflake Shrimp di samping udang dewasa.

Jenis kelamin

Menentukan jenis kelamin udang Red Goldflake itu sangat sulit dan sejauh ini belum ada yang tahu cara melakukannya dengan mata telanjang. Betina memiliki pelana (saddle) yang menunjukkan telur, tapi satu-satunya cara untuk benar-benar melihat pelana adalah dengan sinar inframerah. Cangkang luar Red Goldflake begitu gelap sehingga Anda tidak mungkin melihat pelana tanpa peralatan khusus. Jika menggunakan prinsip spesies udang lainnya, berarti betina berukuran lebih besar dan memiliki perut yang melengkung. sayangnya tidak berlaku untuk Udang Red Goldflake, karena Jantandan betina tampaknya terlihat persis sama.

Penampilan


Udang Red Goldflake mendapatkan namanya dari perpaduan warna merah marun dan bintik emas di sekitar tubuh. Udang ini adalah spesies yang sangat bagus jika dilihat secara langsung. Warna merah dan emas sangat kontras satu sama lain. jantan dan betina tampaknya tidak memiliki perbedaan dalam warna atau intensitasnya.

Berikut adalah video Udang Goldflake Merah yang sedang beraksi.



Tingkah laku

Udang Red Goldflake bisa menjadi spesies yang pemalu jika tidak sehat atau tidak nyaman dengan akuarium yang ada. Udang ini akan berkerumun dengan Udang Red Goldflake lainnya di tempat yang gelap dan tidak bergerak saat merasa tidak nyaman. Saya sangat merekomendasikan sebuah tank yang lebih besar dari 15 galon (60Liter) untuk menampung spesies ini. Saya telah mengamati bahwa begitu spesies ini nyaman dengan lingkungan barunya, ia akan keluar dan berenang aktif dalam tank.

Makanan


Makanan Udang Red Goldflake sama seperti makanan udang lainnya. Udang bisa diberi makan pellet khusus udang, wafer alga, atau tubifek kering. Spesies ini akan makan setiap saat sepanjang hari tapi menurut saya mereka lebih memilih makan di malam hari saat mereka merasa aman. Saya perhatikan bahwa saat lampu dimatikan mereka akan keluar dan makan lebih banyak daripada saat lampu menyala.

Pemberian makan paling baik dilakukan sekali sehari. Beri saja pakan sejumlah makanan agar udang bisa menghabiskannya dalam 2-3 jam maksimal. Tidak baik memberi makan berlebihan dan makanannya terlalu lama. Overfeeding adalah penyebab kematian yang diketahui dan juga dapat menyebabkan masalah kualitas air. Ingat bahwa udang adalah pemulung di alam bebas. Mereka akan makan apapun yang mereka temukan dan tidak terbiasa dengan sumber makanan konstan 24jam. Tidak makan selama satu atau dua hari baik-baik saja dan sama sekali tidak akan membahayakan spesies ini.

Udang Red Goldflake yang diambil di sebuah batu.

English name: Red Goldflake Shrimp
Scientific name: Caridina sp "Red Goldflake"
Asal: Indonesia
Ukuran: .75 in / 1 in
Suhu air: 78 - 85 °F / 25-30 °C
keasaman: pH 7.0 - 8.5
Breeding Rate: low
tingkah laku: non-agressive
Kesulitan:sulit
Share:

3 komentar:

Andi Adryan Ali Imran Ryalisar said...

di kalangan hunter ini namanya Yellow Cheek

aquascape batang said...

wah keren. masukan buat saya.
di indonesia memang jarang ada yang jual udang ini.
kalaupun ada memang harganya mahal

Andi Adryan Ali Imran Ryalisar said...

Hunter udang sule sudah menjamur di Facebook, harganya sudah terjangkau :D


*cuma beberapa hunter jual minimal muatcargo 10kg

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers