sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 9 September 2017

Redtail Catfish - Phractocephalus hemioliopterus


Redtail Catfish
Phractocephalus hemioliopterus


Redtail Catfish juga dikenal sebagai south America redtail catfish, banana catfish, Flat nosed Catfish and Antenna Catfish. Ikan ini sudah menyebar di Kolombia, Venezuela, Guyana, Ekuador, Peru,  Brasil. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan di lembah sungai Amazon, Orinoco dan Essequibo. Ikan ini hidup di air tawar termasuk sungai, rawa, sungai berarus, danau pinggir laut, danau dan muara.



Gambaran Umum Redtail Catfish
Redtail Catfish ini memiliki badan berbentuk silinder dengan perut yang rata seperti Catfish pada umumnya. Mulutnya seperti sekop dan dikelilingi kumis panjang. Terdapat garis putih lebar pada tubuh yang membentang sepanjang garis tengah dari mulut ke sirip ekor. Bagian atas tubuh berwarna abu-abu gelap sampai hitam, sedangkan bagian bawah perut dan bagian bawah mulut berwarna putih. Sirip punggung, panggul, dubur dan sirip ekor berwarna kemerahan. Di alam, makanannya terutama terdiri dari ikan, kepiting, krustasea, buah-buahan biji-bijian, dan lain sebagainya. Ikan ini mudah beradaptasi di akuarium, mereka lebih suka makanan segar jenis daging, catfish stick atau pellet ikan yang agak besar. Untuk menjaga kesehatan tubuh, beri mereka makanan segar atau pelet berkualitas tinggi setiap hari. Mereka dikenal sebagai ikan dasar tank dan memiliki gerakan yang lambat. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 1,8 m dan berat mencapai 80 kg. mereka Bisa hidup sampai 20 tahun.



Pemeliharaan Redtail Catfish
Redtail Catfish adalah perenang aktif dan membutuhkan akuarium/tank yang sangat besar (1000L atau lebih) dengan banyak area untuk bergerak. Tank harus memiliki sistem filter yang besar untuk menjaga agar air tetap bersih. Tank harus dihias dengan beberapa kayu apung, formasi batuan dan beberapa tanaman untuk membuat lingkungan akuarium mirip dengan lingkungan asalnya. Tank harus memiliki kimia air dengan pH 5,8 - 6,8, suhu 20-27C dan kekerasan air antara 2 dan 10 dGH. Tank sebaiknya selalu ditutup bagian atasnya untuk mencegah ikan kabur dari tank karena mereka terkenal sukamelompat keluar tank. Agar ikan ini tetap sehat dan sehat, 30% air harus diganti setiap minggu. Redtail Catfish umumnya merupakan ikan sosial yang baik dan dapat dipelihara bersama ikan besar lain. Mereka dapat dicampur dengan Doradids, Cichlids dan Characins. Pada siang hari, ikan Redtail Catfish terlihat tidak banyak bergerak tapi saat malam tiba, ia menelusuri tank untuk mencari mangsa. Ikan ini lebih menyukai cahaya yang lebih redup dan di beri gua atau dahan agar merasa lebih nyaman.



Makanan Redtail Catfish
Di alam, makanannya terutama terdiri dari ikan, kepiting, krustasea, buah-buahan dan biji-bijian yang jatuh ke perairan. Ikan ini mudah beradaptasi di akuarium, mereka lebih suka makanan segar jenis daging, catfish stick atau pellet ikan yang agak besar. Untuk menjaga kesehatan tubuh, beri mereka makanan segar atau pelet berkualitas tinggi setiap hari.



Budidaya Redtail Catfish
Kami belum memiliki informasi tentang budidaya Redtail Catfish di akuarium. Jika Anda memiliki pengalaman dengan pemijahan Redtail Catfish ini di penangkaran, mohon informasikan kepada kami.




Jenis kelamin Redtail Catfish
Sangat sulit untuk membedakan secara visual antara Jantan dan betina. Jantan memiliki bentuk badan lebih ramping dengan ekor warna merah lebih terang dibanding betina.



Nama Ilmiah: Phractocephalus hemioliopterus
Nama Umum: south America redtail catfish, banana catfish, Flat nosed Catfish and Antenna Catfish
Asal: Brasil, Rio Negro, Venezuela
Dewasa Ukuran: 120 cm
Perilaku: Agresif
Tingkat Tank: Bawah
Ukuran Tangki Minimum: 300 galon
Diet: Omnivora
Pembiakan: Telur
Tingkat perawatan: Sedang
PH air: 5,8 - 6,8
Kekerasan Air: 2 sampai 10 dGH
Suhu Air: 68-790 F
Gerakan Air: Sedang
Pencahayaan: Sedang - pencahayaan normal
Umur: 20 tahun
Share:

2 komentar:

Fish Aquarium said...

Red-tailed catfish is very awesome if you have space and tank of 1000 of gallons

aquascape batang said...

thanks, i also read your post
https://fish-aquarium.com/caring-red-tail-catfish-feeding-aquarium-setup-tank-mates/
great

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers