sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Friday, 3 November 2017

Mengenal Silver Arwana - ikan predator amazon



Silver Arwana (Osteoglossum bicirrhosum) adalah ikan bersirip air tawar yang masuk family Osteoglossidae dengan ordo Osteoglossiformes dari Class Actinopterygii. Ikan ini juga dikenal sebagai two barbels bony tongue, monkey fish, water monkey, dragon fish, dll. Ikan ini menyebar di lembah Sungai Amazon dan di Sungai Rupununi dan Oyapock di Amerika Selatan dan perairan di Guyana. Biasanya berenang di dekat permukaan air menunggu potensi mangsa. Silver Arwana terutama memakan krustasea, serangga, ikan kecil dan hewan lainnya yang mengambang di permukaan air.
 


Latar Belakang Silver Arwana
Arwana (Osteoglossum bicirrhosum) pertama kali diperkenalkan ke dalam hobi akuarium pada tahun 1912. Karena warna tubuhnya yang perak, ikan ini dikenal sebagai Arwana Perak. Penglihatan ikan arwana juga luar biasa. Dengan penglihatan yang tajam, ikan ini bisa melihat di atas permukaan air, mendeteksi mangsa dan melompat keluar dari air untuk menyerang serangga dan burung yang menggantung di cabang pohon. Hal ini menyebabkan ikan ini mendapat julukan 'Monyet air'.

Perawatan Silver Arwana
Silver Juvenile Arowanas dapat disimpan di tank sekitar 40 gallon (150Liter) namun ikan dewasa lebih menyukai akuarium 600 gallon atau lebih besar dengan dasar kerikil dan air yang lembut dan sejuk dengan banyak ruang terbuka di atas untuk berenang. Spesies ini bisa agresif jika ruang terbatas. Tank harus dihias dengan batu, kayu apung dan tanaman kokoh seperti Amazon sword dan Giant Vallisneria. Silver Arwana bisa hidup nyaman jika ada proporsi oksigen terlarut dan tingkat pergerakan air yang tinggi. filter eksternal, powerhead, batu, dan lain-lain, harus digunakan seperlunya agar kualitas air terjaga. Perubahan air sebanyak25% atau lebih diperlukan agar kandungan nitrat tetap rendah. Silver Arwana adalah pelompat yang sangat baik dan sangat kuat, jadi pastikan bagian atas akuarium terpasang dengan kencang dengan penutup. 6 atau lebih ikan bisa disimpan bersama, tapi 10 atau lebih akan lebih baik. Knifefish, Plecostomus besar, catfish dan Oscar besar dan spesies Amerika Selatan lainnya adalah pasangan tank yang baik untuk Silver Arwana. Tank harus ditempatkan di daerah yang sepi agar arwana tidak takut dengan gerakan mendadak.
 


Memberi makan Silver Arwana
Silver Arwana terutama memakan ikan kecil, larva kecebong, udang air asin hidup, cacing coklat hidup, cacing tanah kecil dan makanan hidup lainnya. Mereka juga menyukai pelet, stick, potongan makanan beku, udang utuh dan makanan lainnya. sementara ikan dewasa menerima potongan daging ikan, udang utuh, kerang, udang sungai hidup, cacing tanah yang lebih besar, dll. Seperti sebagian besar Ikan predator, spesies ini sebaiknya tidak diberi makan daging mamalia atau unggas seperti daging sapi atau ayam. Beberapa lipid yang terkandung di dalamnya tidak dapat dicerna dengan benar oleh ikan dan dapat menyebabkan timbunan lemak berlebih dan bahkan degenerasi organ. Pakan harus diberikan sekali sehari.
 


Jenis kelamin Arwana

Sangat sulit untuk melihat jenis kelamin arwana. Betina dewasa umumnya memiliki tubuh yang lebih membulat dan memiliki sirip dubur yang sedikit lebih pendek.



Nama Inggris: Arwana Silver, Dua barbelis lidah bertulang, ikan monyet, monyet air, ikan naga
Nama Ilmiah: Osteoglossum bicirrhosum
Asal: Kolombia, Peru
Ukuran Maksimum: 120 cm
Suhu Air: 75-82 ° F
PH air: 6.0-7.0
Kekerasan Air: 36 - 268 ppm
Perilaku: Semi-agresif
Perkembangbiakan: Sangat sulit berkembang biak dalam kondisi peliharaan
Tingkat Perawatan: Sedang
Jangka hidup: 20 tahun
Ukuran Tangki: Minimal 250 galon
Kompatibilitas: 6 atau lebih remaja dapat disimpan bersama, tapi 10 atau lebih akan lebih baik


Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers