sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Sunday, 24 December 2017

mengenal Christmas Moss


Christmas moss atau biasa disebut Xmas Moss adalah lumut air yang tersebar luas di Asia tropis termasuk India, Jepang, Filipina dan Thailand. Tanaman ini tumbuh di tepi sungai yang teduh, anak sungai dan di tanah hutan yang lembab. Xmas Moss digunakan di aquascape sebagai tanaman foreground. Popularitasnya meningkat dari hari ke hari di kalangan penggemar akuarium.

Latar Belakang
Xmas Moss (Vesicularia montagnei) masuk dalam Family Hypnaceae di bawah ordo Hypnales dari class Bryopsida. Bentuk moss ini menyerupai pohon natal. Banyak penggemar akuarium menanam tanaman ini sebagai tanaman karpet, ada juga yang menggunakan moss ini untuk background akuarium. Sinonim dari spesies ini adalah Hypnum montagnei Schimp. (1842).


Perawatan
Xmas moss adalah spesies yang mudah dirawat. Tanamman ini menambah nuansa hijau yang menarik ke dalam aquascape. Xmas moss terkenal sebagai tanaman yang kuat yang tidak memerlukan pencahayaan dalam jumlah besar atau injeksi CO2 lanjutan. Bisa tumbuh subur dalam kondisi akuarium dengan pencahayaan yang cukup dan juga bisa tumbuh dengan baik di sudut yang paling gelap. Untuk pertumbuhan optimum, tangki harus memiliki kimia air yang baik dengan pH 5,0-7,5, kekerasan 5-20 dGH dan suhu 65-77F. Tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh lambat dan bagus untuk pemula. Harus dilekatkan dengan sepotong kayu apung, batu atau akar pohon di akuarium menggunakan kapas berwarna gelap, atau senar pancing. Apabila ditanam tidak terikat dengan substrat, maka bentuknya tidak teratur dan terlihat lebih liar seperti Java Moss. Tanaman ini sangat ideal untuk tank pemijahan ikan atau udang. Christmas moss juga digunakan untuk menghilangkan nitrogen dalam berbagai bentuk.



Perambatan
Tanaman ini dapat berkembang dengan mudah melalui pemotongan batang dalam kondisi akuarium yang tepat. Untuk propagasi yang tepat, beberapa bagian induk harus dipotong dan letakkan di tempat baru seperti batu atau kayu dan direkatkan dengan lem khusus atau dikaitkan dengan benang. Setelah beberapa minggu Moss menempel pada substrat yang membentuk tanaman baru. Untuk menjaga kondisi yang baik, sebaiknya dipangkas agar terlihat lebih rapi. Moss ini juga bisa merambat dengan menghasilkan tunas baru.

Nama ilmiah: Vesicularia montagnei
Nama umum: Christmas Moss, Xmas Moss
Asal: Asia Tenggara
Tingkat perawatan: Mudah
Penempatan: Foreground
Perbanyakan: Dengan memotong
Tinggi: sampai 10 cm
Lebar: sampai 10 cm
PH air: 5,0-7,5
Kekerasan air: 5 sampai 20 dGH
Suhu air: 65-77F
Pencahayaan: Rendah
Pertumbuhan: Lambat
Share:

1 komentar:

StevenHWicker said...

Thanks for this. I really like what you've posted here and wish you the best of luck with this blog and thanks for sharing. Christmas Moss

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers