sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Saturday, 17 February 2018

mengenal hornwort - tanaman untuk pemijahan ikan

Hornwort adalah tanaman air yang disukai para peternak ikan. tanaman ini memiliki nama lain Coontail, ganggang, selimut ikan, tanduk, gulma rawa, dll. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara namun sekarang tersebar di seluruh dunia karena tanaman ini mudah beradaptasi di berbagai kondisi air. Hornwort bisa hidup di kolam, danau, parit, aliran sungai dan rawa yang tenang dengan tingkat nutrisi sedang sampai tinggi dimana dasar airnya mengandung lumpur, beberapa pasir atau bebatuan. Biasanya hidup di perairan dengan kedalaman 0,5 sampai 15,5m.

Perawatan
Hornwort membutuhkan cahaya sedang hingga kuat seperti di alam. Tanaman ini bisa hidup dengan baik tanpa tambahan CO2. Karena pertumbuhannya yang cepat, dibutuhkan pemangkasan rutin agar tetap terjaga penampilannya. Tanaman ini kurang disarankan untuk aquascape karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman lain. Hornwort akan menyerap banyak nutrisi dalam tank sehingga tanaman lain kekurangan nutrisi. Tanaman ini lebih menyukai air jernih dengan pH 6,0-7,5, kekerasan 5-15 dGH dan suhu 59-86F. substrat yang cocok bisa berupa lumpur, lumpur berpasir atau kerikil. Hornwort memiliki karakteristik allelopathetic karena mengeluarkan zat yang menghambat pertumbuhan ganggang hijau, tentunya ini bermanfaat bagi kondisi air. Hornwort cocok dengan semua jenis ikan terutama untuk burayak ikan. Tanaman ini juga menyediakan sumber makanan untuk ikan kecil dan daun jarumnya yang runcing umumnya membuat ikan dewasa menjauh dari burayak yang bersembunyi. Daunnya yang halus, berserabut, memberikan habitat pemijahan yang sangat baik untuk ikan.
Pertumbuhan
Hornwort dapat dengan mudah berkembangbiak dengan fragmentasi vegetatif. Secara alami tumbuh tunas samping dari batang utama dan dapat menumbuhkan tanaman baru lainnya. Bagian batang utama juga bisa dipatahkan dan kedua sisinya menumbuhkan tanaman baru. Tanaman ini juga bisa berkembang biak secara seksual melalui produksi benih di habitat air bersih. Benih tenggelam ke dasar air dan berada di sana selama musim dingin dan tumbuh menjadi tanaman baru di musim semi.



Nama Scientific: Ceratophyllum demursum
Nama umum: Coontail, ganggang, selimut ikan, tanduk, gulma rawa, dll
Asal: Amerika utara, America selatan
Ukuran tank minimum: 20 gallons
Perawatan: mudah
perkembangbiakan: Vegetative fragmentation, benih
ukuran maksimal: 3 m
PH air: 6.0-7.5
Kekerasan air: 5-15 dGH
Suhu air: 59-86F
pencahayaan: rendah hingga tinggi
pertumbuhan: cepat
Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers