sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Wednesday, 14 November 2018

Mengenal borneo sucker - ikan sapu-sapu mini dari borneo

Borneo Sucker 
Gastromyzon punctulatus

Borneo Sucker adalah ikan air tawar yang sangat menarik yang asli berasal dari Borneo. Borneo adalah pulau terbesar ketiga di dunia, yang terdiri dari Kalimantan, sebagian malaysia, dan brunai. Borneo sucker adalah ikan kecil, damai dan bisa tumbuh hingga ukuran maksimum sekitar 6cm. dia memiliki kepribadian yang sangat aktif, dan suka berada di aliran air yang sangat tinggi. Borneo sucker lebih menyukai suhu air yang dingin, antara 20 dan 24C.

Borneo sucker adalah salah satu spesies Catfish (ordo Siluriformes). Catfish adalah jenis ikan yang sangat beragam. Catfish mendapatkan namanya dari ciri khas yaitu memiliki kumis mirip kucing, mereka banyak ditemukan di lingkungan air tawar dengan bermacam-macam spesies di setiap benua kecuali Antartika (disana dingin banget).

catfish dikenal sebagai makhluk nokturnal; dengan kata lain mereka lebih aktif pada malam hari. Secara umum, catfish lebih memilih untuk tinggal di dasar akuarium (atau di lingkungan alaminya yaitu dasar sungai, danau, muara dll). Tentu saja ada pengecualian untuk aturan umum ini, karena beberapa spesies catfish lebih suka menempati daerah air pertengahan akuarium, seperti glass catfish dan upside-down catfish. Menyediakan tempat persembunyian bagi mereka adalah hal yang penting. Bahan yang cocok digunakan untuk tempat persembunyian adalah kayu, batu, pipa plastik dan tanaman air.


Akuarium dengan aliran air yang deras dan bersih sangat dibutuhkan untuk borneo sucker. ikan ini asli perairan dangkal, jernih, berarus kuat dan sensitif terhadap penurunan kualitas air. Jadi, pemeliharaan akuarium secara teratur dan saturasi oksigen sangat diperlukan.

Borneo Sucker adalah pemakan ganggang dan alga. Ikan ini juga bisa menerima makanan beku seperti pelet atau cacing kering, tetapi makanan tersebut hanya harus diberikan sesekali karena kelebihan protein dapat mematikan bagi sebagian besar pemakan alga. Ikan ini juga bisa menerima makanan kering berkualitas tinggi yang kaya akan materi tanaman seperti wafer alga, tetapi sangat penting memberikan ganggang alami untuk memastikan kesehatan jangka panjangnya. Selama disimpan dalam akuarium mature yang terawat dengan baik dengan pertumbuhan alga yang baik serta aliran air yang tinggi, Borneo Sucker adalah ikan yang kuat dan tidak mudah sakit. menambahkan tanaman Anubias pada akuarium sangat baik untuk ikan ini karena Anubias dapat mendorong pertumbuhan alga yang signifikan dalam akuarium dengan pencahayaan sedang hingga tinggi.

Borneo Sucker adalah spesies ikan yang bersifat sosial, terutama yang sudah dewasa, jadi harus dipelihara berkelompok. ikan rasbora, ikan jenis tetra, hillstream, ikan guppy, dan ikan kecil lainnya yang damai adalah teman tank yang baik untuk ikan ini. Borneo Sucker juga dapat disimpan dengan udang hias,

PARAMETER YANG DIREKOMENDASIKAN:
• Temperatur: 68 ° - 75 ° F (20 ° - 24 ° C). Suhu yang lebih tinggi dapat ditoleransi dengan kandungan oksigen yang sangat tinggi. Pada kasus ini saya memelihara ikan borneo sucker pada suhu 28C dan bisa sehat berbulan-bulan.
• pH: 6.0 - 7.5
• KH: 4 - 8 dKH
• Ukuran Tangki Minimum: 20+ gallon air untuk kelompok kecil. Semakin banyak air maka semakin baik untuk ikan.


INFORMASI PERAWATAN:
• Diet: Omnivora. Biasanya menerima beberapa makanan kering dan makanan beku, tetapi membutuhkan banyak ganggang. Pola makan yang terlalu tinggi protein dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius atau bahkan kematian.
• Perilaku Sosial: Damai. Remaja kadang-kadang tampak sendirian, tetapi borneo sucker dewasa menunjukkan perilaku schooling.
• Asal: Borneo (Kalimantan, Malaysia, brunei)
• Rata-rata Ukuran Dewasa: 1,4 - 1,6 inci (3,5 - 5 cm)


https://aquaticarts.com/products/borneo-sucker
http://aquajaya.com/produk/borneo-sucker/
Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers