sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Tuesday, 27 November 2018

Panduan Memasukkan Ikan Baru ke dalam Tank (aklimatisasi)

Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Beberapa kondisi yang pada umumnya disesuaikan adalah Suhu lingkungan, derajat keasaman (pH), dan kadar oksigen. Proses penyesuaian ini berlangsung dalam waktu yang bervariasi tergantung dari jauhnya perbedaan kondisi antara lingkungan baru yang akan dihadapi.

Sebelum anda membeli ikan hias, pastinya anda menyetting tank atau akuarium terlebih dahulu, Baik itu akuarium biasa maupun aquascape. kondisi akuarium anda pasti berbeda dengan akuarium penjual ikan. Saat ikan dibawa dari toko, ikan dikemas bersama air dari toko. Air ini memiliki parameter yang berbeda dari akuarium anda. Ikan bisa saja stress karena masuk ke dalam lingkungan baru.

Ada beberapa metode aklimatisasi untuk ikan. Tapi kami menyarankan salah satu dari metode aklimatisasi yang akan dijelaskan di bawah ini. proses aklimatisasi tidak boleh terburu-buru (sabar). Selain itu, ingatlah untuk mematikan lampu akuarium Anda setidaknya selama empat jam setelah ikan dimasukkan ke akuarium untuk membantu mereka menyesuaikan keadaan.


Metode mengambang (floating method)

1. Matikan lampu akuarium.
2. Redupkan lampu di ruangan tempat kotak pengiriman akan dibuka. Jangan pernah membuka kotak dalam cahaya terang. Ikan akan stres berat atau trauma karena terkena cahaya terang secara tiba-tiba (silau).
3. Masukkan kantong yang tertutup rapat ke dalam akuarium selama 15 menit (Gbr. A). kantong plastic jangan dibuka dulu. Langkah ini memungkinkan air dalam kantong ikan menyesuaikan secara perlahan dengan suhu di akuarium, sambil mempertahankan tingkat oksigen dalam kantong plastik.
4. Setelah menunggu sekitar 15 menit, potong atas plastik (Gbr. B) dan gulung ujung atas tas ke bawah untuk membuat kantong udara di bibir plastik, biar plastiknya mengapung dan tidak miring (Gbr. C).
5. Tambahkan 1/2 gelas air akuarium ke dalam plastik (Gbr. D).
6. Ulangi langkah 5 setiap empat menit sampai plastic terisi penuh.
7. Angkat kantung plastik dari akuarium dan buang separuh air dari kantung. jangan buang ke akuarium loh. (Gbr. E).
8. letakkan lagi kantong plastik ke akuarium dan lanjutkan dengan menambahkan 1/2 gelas air akuarium ke plastik setiap empat menit sampai kantung penuh.
9. ikan sudah bisa dilepaskan ke akuarium. Ikannya saja, airnya jangan. (Gbr. F).
10. angkat plastik yang masih berisi air dari akuarium dan buang airnya. Jangan mencampur air dari toko dengan air di akuarium anda, ntar airnya berantem :-0.

Metode ini dianggap lebih bagus dan mudah. Ada juga metode yang harus mengkarantina ikan di akuarium lain dan memerlukan waktu lama.

Fakta-fakta penting:
• Bersabarlah - jangan terburu-buru saat aklimatisasi. Orang sabar banyak rejeki.
• Selalu ikuti prosedur aklimatisasi, bahkan jika ada ikan atau hewan lain terlihat mati. Beberapa ikan dan invertebrata dapat pura-pura mati atau terlihat tidak bergerak ketika mereka baru dibuka dari pengiriman dan biasanya akan hidup kembali ketika prosedur aklimatisasi diikuti dengan benar.
• Jangan menempatkan airstone ke dalam kantong plastik. Ini akan meningkatkan pH air terlalu cepat dan menghasilkan amonia mematikan.
• matikan lampu akuarium setidaknya selama empat jam setelah ikan baru dimasukkan ke dalam akuarium. Kalau terlalu silau ikan bisa stres, kalau stress bisa gila, kalau gila masuk RSJ, kita yang repot.
Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers