sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Sunday, 27 January 2019

Mengenal Glass Catfish - ikan unik yang transparan

Glass catfish juga dikenal sebagai Phantom Glass Catfish, Ghost Fish, Ghost Catfish, transparent catfish, X-ray fish, dll. Mereka ikan yang berukuran kecil hingga sedang yang ditemukan di perairan pedalaman di seluruh Asia Tenggara, Kepulauan Sunda Besar, Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Ikan ini juga ditemukan di sungai Thailand dan menghuni aliran dengan arus lamban dengan daerah air yang tenang.

Ikan Glass catfish ini memiliki tubuh memiliki bentuk seperti ikan catfish lainnya namun berukuran kecil dan tubuhnya transparan. Seluruh tubuhnya transparan kecuali kepalanya yang berwarna perak. Memiliki daging transparan yang memungkinkan kita untuk melihat sumsum tulang belakang dan organ-organ internal ketika dilihat dari samping. Siripnya pun juga terlihat transparan. Warna transparan inilah yang memberikan kesan unik pada glass catfish.


Mereka sangat sensitif terhadap perubahan kualitas dan pH air. Ikan ini lebih suka air dengan keasaman (ph) sekitar 6,6-7,5 dengan kekerasan kurang dari 10 ° dGH dan suhu air 72-82 ° F. Glass catfish di alam liar biasa memakan invertebrata kecil dan zooplankton. Ia juga memakan ikan lain yang berukuran jauh lebih kecil, larva nyamuk, dan Daphnia. Panjangnya mencapai 8 cm dan bisa hidup hingga 8 tahun.

Nama ilmiah: Kryptopterus minor
Nama umum: Phantom Glass Catfish, Ghost Fish, Ghost Catfish
Asal: Asia tenggara
Ukuran dewasa: 8 cm
Perilaku: Damai
Tank Level: Middle / tengah
Diet: Omnivora
Breeding: bertelur
Perawatan: rata-rata
pH air: 6.6-7.5
Kekerasan air: 6-10 °d
Suhu: 72–82°F
Pencahayaan: rata-rata
Masa hidup: 6-8 tahun


source aquaticmag
Share:

1 komentar:

Aneka Cara Blog said...

pengen pelihara ikan

anekacarablog.cf

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers