sarana edukatif, membahas segala sesuatu terkait aquascape

Thursday, 4 July 2019

Mengenal Soil - Media Tanam Tanaman Aquascape

SOIL UNTUK AQUASCAPE 

Halo scaper. Posting kali ini akan membahas soil untuk aquascape.
Apa itu soil? Soil adalah media tanam bagi tanaman aquascape. soil berasal dari Bahasa inggris yang berarti tanah. tanah memang media paling bagus untuk tanaman, namun tidak efektif apabila digunakan untuk akuarium karena bisa mengotori air dan air terlihat keruh. Untuk itu pecinta aquascape membuat solusi yaitu soil. Soil adalah media khusus yang aman digunakan di dalam air. Soil berbentuk seperti pasir dengan butiran yang agak lebih besar.


Substrat atau media tanam tanaman aquascape bisa menggunakan pasir maupun soil. tapi soil memiliki lebih banyak kelebihan. Soil buatan pabrik sudah dilengkapi nutrisi yang baik bagi tanaman. Soil juga memiliki berat (lebih berat dari pasir) dan bentuk yang cocok bagi akar untuk tumbuh. Akar akan mencengkram soil sehingga tanaman susah untuk tercabut. Soil pabrikan juga memiliki warna yang bermacam-macam sehingga bisa disesuaikan untuk tema aquascape yang akan kita buat.


Selain memiliki kelebihan, soil tentunya memiliki kekurangan yang bisa dipertimbangkan. Soil memiliki harga yang terbilang mahal tentunya karena biaya produksi dan pengemasan. Soil juga memiliki masa pakai sehingga lama kelamaan bisa berubah menjadi lebih padat dan harus diganti, meskipun jangka waktunya terbilang lama sih. Harga soil sangat beragam tergantung produsennya. Saya menyarankan memilih soil produsen lokal dari pada import karena jauh lebih murah dan produk asli Indonesia. Namun bagi para professional, mereka lebih memilih soil import yang sudah teruji kualitasnya.

Berikut ini ada beberapa soil yang pernah saya gunakan:

1.Soil Angke
Soil angke adalah tanah yang diproses dan dibentuk agar dapat digunakan sebagai media tanam bawah air yang berfungsi menyuburkan dan menguatkan akar tanaman. Walaupun soil angke buatan lokal dan memiliki harga yang relative lebih murah, namun kualitasnya bersaing dengan produk lain. Bahan baku soil angke 100% tanah yang mengandung nutrisi penting seperti, K, N, P, Ho, Fe, dan Mg. 

2.Soil ultimate
Soil ultimate merupakan media tanam tanaman aquascape yang bernutrisi. Soil ini berwarna hitam alami dan paling disukai scaper pemula. Soil ultimate cocok untuk tanaman air, udang, maupun ikan tropis yang membutuhkan pH air rendah. Soil ini digunakan pada lapisan paling atas yang bersentuhan langsung dengan akar tamanam. 

3.Soil evolution one
Soil evolution one biasa dikemas dengan kemasan 1L atau 2L. Soil ini berwarna coklat tanah. soil ini termasuk soil yang saya sukai dan menurut saya paling cocok bila disandingkan dengan garang stone. Soil ini mencengkram kuat akar tanaman termasuk tanaman karpet. Warnanya yang coklat alami memiliki keindahan tersendiri. 

4.Soil ADA (aqua design amano)
Soil ADA adalah soil yang paling bagus menurut saya. Soilnya soil. Memiliki nutrisi paling lengkap dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Soil ini paling banyak digunakan bagi para professional di bidang aquascape. memiliki banyak varian warna yang bisa disesuaikan dengan tema aquascape anda. Varian yang paling disukai adalah ADA Amazonia yang memiliki warna hitam alami. Ada juga varian lain yaitu ADA Amazonia light, Malaya, dan Africana yang memiliki warna berbeda-beda.
Soil ini terbilang mahal karena import jepang dan dijual dengan kemasan 3L dan 9L. namun banyak juga dijual repack perliternya
Share:

0 komentar:

RECENT COMMENTS

Video of the Day

Nice product of the day

Followers